Tok! Pasangan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah Raih Suara Terbanyak di Pessel

POLITIK-520 hit

PAINAN - pasangan calon bupati dan wakil bupati Pesisir Selatan, nomor urut 2, Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansah, berhasil meraih suara terbanyak pada Pilkada serentak tahun 2020 yaitu 128. 922 suara atau 57, 24 %.

Sedangkan perolehan suara terbanyak kedua diraih oleh pasangan nomor urut 1, Hendrajoni-Hamdanus dengan perolehan 86.074 suara (38,22 persen). Sementara pasangan nomor urut 3, Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab meraih 10.220 suara (4,54 persen)

Hal itu berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, rapat pleno KPU Pesisir Selatan, di gedung Painan Convention Center (PCC), Rabu (16/12).

Pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur, perolehan suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat adalah pasangan nomor urut 1, Mulyadi-Ali Mukni 33.483 suara. Pasangan nomor urut 2, Nasrul Abit-Indra Catri 169.898 suara. Pasangan nomor urut 3, Fakrizal-Genius Umar 9.904 suara. Berikutnya, pasangan nomor urut 4, Mahyeldi-Audy Joinaldy 21.671 suara.

Sementara itu, tingkat partisipasi pemilih pada pilkada serentak 2020 di Pesisir Selatan, sebesar 68,28 persen, dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 338.912 yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 231.425 pemilih. Sedangkan di Pilkada 2015 tingkat partisipasi pemilih hanya 64,56 persen.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara itu dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar serta dihadiri komisioner KPU, Bawaslu, Polres, TNI, pemerintah daerah dan undangan lainnya.

Terlihat hadir pada rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tersebut terdiri dari saksi masing-masing paslon gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati, Bawaslu, Panwaslu Kecamatan dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua KPU Kabupaten Pesisir Selatan, Epaldi, usai memimpin rapat pleno, menyampaikan, ucapan terima kasih kepada jajaran KPU, mulai dari PPK, PPS, dan KPPS, serta Bawaslu dan jajarannya yang telah berkerja keras menyelenggarakan Pilkada.

Salain itu, Epaldi menyampaikan terima kasih, aparat keamanan, pemerintah daerah, pasangan calon beserta tim sukses.

" Atas nama penyelenggara pilkada kami mengucapkan terimakasih kepada segenap masyarakat Pessel berkat kerjasamanya sehingga Pilkada terlaksana dengan lancar," katanya.

Menurutnya terlaksanaan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Pesisir Selatan, telah berlangsung secara lancar dan kondusif, berkat partisipasi masyarakat.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tersebut berjalan lancar dan kondusif serta dengan menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19

***

Loading...

Komentar

Berita Terbaru