Pemutihan Pajak Kendaraan Hingga 15 Desember 2020, Masyarakat Sawahlunto Ayo Manfaatkan

PEMERINTAHAN-991 hit

SAWAHLUNTO - Menyikapi kondisi masyarakat yang terdampak akibat pandemi COVID-19 di Sumbar, khususnya Kota Sawahlunto, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Badan Keuangan Daerah kembali memotivasi peningkatan peran serta wajib pajak dan tertib administrasi kepemilikan kendaraan bermotor serta pemberian stimulus atau keringanan pajak, dengan cara penghapusan sanksi administratif atas keterlambatan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor serta pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor.

Namun sesuai Pergub Nomor 60 Tahun 2020 penghapusan dan pembebasan pajak yang dimaksud adalah, penghapusan sangsi administratif atau denda PKB dan BBN-KB untuk wajib pajak yang melakukan pembayaran dari tanggal 1 September 2020 hingga 31 Oktober 2020. Kemudian pembebasan BBNKB untuk wajib pajak yang melakukan pembayaran dari tanggal 1 September 2020 sampai dengan 31 Oktober 2020, namun tidak berlaku untuk kepemilikan kendaraan bermotor pertama dan atau BBNKB kendaraan baru.

Berkaitan dengan Pergub Nomor 60 Tahun 2020 itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Pendapatan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Barat di Sawahlunto, Hendi Zulfian, kepada beritaminang.com dua hari lalu mengatakan, saat ini hingga batas waktu tanggal 15 Desember 2020 masyarakat masih diberi kesempatan memanfaatkan perpanjangan waktu untuk pelayanan masa pemutihan pajak kendaraan bermotornya. Termasuk pembebasan pembayaran denda SWDKLLJ yang tertunggak untuk tahun berjalan dan tahun yang lewat sebesar 100 persen. Sedangkan pokok SWDKLLJ tahun yang lewat tetap dilakukan pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca Juga


"Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak kendaraan bermotor, sesuai Pergub No.60 tahun 2020, Pemprov Sumbar melalui Badan Keuangan Daerah memberikan perpanjangan waktu untuk pemutihan hingga 15 Desember 2020. Silahkan manfaatkan peluang ini dengan baik dalam rangka pelaksanaan program penghapusan sanksi administratif atas keterlambatan pembayaran PKB dan SWDKLLJ." himbau Hendi Zulfian,SH,MM.

Menurut Hendi Zulfian, semula penghapusan sanksi administratif atau denda PKB dan BBNKB dan gratis BBNKB berlaku dari 1 September 2020 hingga 31 Oktober 2020. Karena melihat dan mencermati kondisi perkembangan pandemi COVID-19 yang belum juga berakhir, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui kebijakannya memperpanjang masa waktu pemutihan pajak kendaraan bermotor hingga 15 Desember 2020.

"Ini peluang baik agar masyarakat pemilik kendaraan yang ingin pemutihan PKB dan BBNKB. Silahkan hubungi kami hingga 15 Desember mendatang di Kantor UPTD /Samsat, yang berada di Kelurahan Durian II, Kecamatan Barangin, Sawahlunto."tukuk Hendi Zulfian. (Iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru