Begini Kiat SMAN 1 Padang Panjang jadi Nomor 1 di Sumbar dan Peringkat 73 Nasional

PENDIDIKAN-787 hit

PADANG PANJANG - Pencapaian luarbiasa, diraih SMAN 1 Padang Panjang. Mereka nomor satu di Sumatera Barat dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Di tingkat nasional, dari 21.302 Sekolah Menengah Atas di Indonesia yang terdata pada Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), SMAN 1 berada di peringkat 73.

Kepala Sekolah SMAN 1 Sefriadi, S.Pd, M.Si saat dihubungi Kominfo mengatakan, 284 siswa SMAN 1 yang ikut UTBK, 266 lulus ke Perguruan Tinggi Negeri. "Alhamdulillah ini adalah anugerah untuk SMAN 1 dan Kota Padang Panjang," ungkapnya.

Baca Juga


Ditanyai kiat sekolah itu membimbing siswanya, Sespriadi mengatakan, moto "Memimpin Dunia, Berorientasi Akhirat" benar-benar menjadi landasan, yang disertai visi sekolah "Religius, Berdaya Saing Global, dan Cinta Lingkungan".

"Bila salah seorang siswa memiliki kesulitan, kita siap membimbing secara individu. Keagamaan kita tingkatkan melalui program iman dan taqwa, kita menanamkan kejujuran dan mencontek itu haram," katanya.

Di samping itu, sekolah dijadikan tempat yang nyaman bagi siswa. Kegiatan ekstrakurikuler difasilitasi sehingga murid merasa memiliki sekolah. "Kami menjalin kedekatan dengan siswa," lanjutnya.

Dari data LTMPT, Kemampuan Kuantitatif SMAN 1 rerata 595,182, Nilai Tertinggi 705,7, Nilai Terendah 411,72, Standar Deviasi 53,61. Sementara, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Rerata 556,04, Nilai Tertinggi 664,25, Nilai Terendah, 366,49, dan Standar Deviasi 53,76.

Di samping SMAN 1 Padang Panjang, prestasi membanggakan juga ditorehkan SMAN 1 Sumbar yang berlokasi di Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur. Sekolah ini berada di peringkat 2 Sumbar dan ranking 76 nasional.

Sementara di 20 besar, SMAN 2 Padang Panjang, berada di peringkat 15 Sumbar. (Harris/Lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru