Zigo Nilai Pjs. Bupati Solsel Tinggalkan Ketauladanan Bidang Tata Pemerintahan dan Kemasyarakatan

PEMERINTAHAN-265 hit

PADANG ARO - Tuntas sudah pelaksanaan amanah Jasman Rizal sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Solok Selatan selama 71 hari. Masa tugasnya semenjak 28 September 2020 silam, berakhir hari ini Sabtu 5 Desember 2020. Selanjutnya, Jasman kembali bertugas sebagai Kepala Dinas Kominfo Prop. Sumatera Barat.

"Saya merasa waktu 71 hari itu terlalu singkat, belum banyak yang bisa saya lakukan terlalu sedikit yang saya perbuat," kata Jasman dalam acara perpisahan yang berlangsung sederhana pada Jum'at (4/12/20 )di Aula Sarantau Sasurambi Pemkab Solok Selatan.

Jasman juga menyampaikan apresiasinya kepada Forkopimda di Solok Selatan yang telah memberikan dukungan dan sinergitas yang baik antara satu dan lainnya.

Baca Juga


Pjs Bupati yang baru saja diangkat menjadi Datuak Bandaro Bendang dari Suku Kampai 12 Nan Dibauah di Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu tersebut, juga meminta maaf kepada seluruh masyarakat dan OPD, jika selama ia bertugas ada sikap dan kata yang tidak pada tempatnya.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-ketua-dprd-solsel-ucapkan-salam-pada-pjs-bupati-dan_foto2_061220011930.jpeg

Ketua DPRD Zigo Rolanda bersalaman ala zaman covid saat acara perpisahan dengan Pjs. Bupati Jasman Rizal dan Pjs. Ketua TP -PKK Solsel, Ny. Lasta Jasman di aula Sarantau Sasurambi, Jumat (4/12/2020).

"Kepada semua pihak, jika ada perbuatan atau kata-kata saya yang tidak pada tempatnya, saya memohon maaf. Termasuk kepada OPD-OPD di lingkup Pemkab Solok Selatan jika selama berinteraksi ada kesalahan yang saya perbuat," ujar Jasman meminta maaf.

Sementara itu dalam sambutannya mewakili Forkopimda, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menyatakan, atas nama lembaga DPRD, dirinya sangat merasakan kepemimpinan Pjs. Bupati Solsel Jasman Rizal sudah banyak memberikan pengalaman-pengalaman kerja yang positif, pelajaran-pelajaran yang berharga tentang tata kelolah pemerintahan.

Bahkan yang tidak kala penting selama Jasman Rizal memimpin Solsel, tercatat pengalaman yang bersejarah dan berharga tentang komunikasi politik antara DPRD dan Pemerintah Daerah.

"Selama Solsel di jabat oleh Pjs. Bupati Jasman Rizal tercatat pengalaman positif tentang tata kelolah pemerintahan dan komunikasi polotik yang baik antara Legislatif dan Eksekutif, " kata Zigo Rolanda.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-jasman-rizal-dan-istri-sampaikan-ungkapan_foto1_061220011930.jpeg

Jasman Rizal didampingi Ny. Lasta Jasman saat menyampaikan ungkapan perpisahan sebagai Pjs. Bupati dan Pjs. Ketua TP-PKK Solsel di aula Sarantau Sasurambi, Jumat (4/12/2020).

Artinya, "Pak Jasman Rizal selama memimpin Solsel, betul-betul menerapkan makna dari Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana bupati, wakil bupati dan DPRD selama ini telah berfungsi sebagaimana yang di amanahkan undang-undang tersebut, " tambah Zigo.

Dibuktikan, dari penerapan undang-undang itu pulalah, lahirlah suatu keputusan politik yang sangat berharga dan bersejarah bagi Pemeritahan Solok Selatan, yaitu penetapan APBD Solok Selatan Tahun 2021 tercepat di Sumatera Barat, " jelasnya.

Tidak itu saja tambah Zigo, Pjs. Bupati ini juga sangat inten mengawal APBD tersebut saat dibahas, mulai dari KUA-PPAS sampai ditetapkan.

Sehingga Zigo menilai, APBD Solsel tahun 2021 ini tidak saja tercepat penetapannya, tapi juga dinilai sangat berkualitas untuk masyarakat Solok Selatan. Maka dari itu kepada seluruh pemangku kebijakan di daerah ini, hendaknya dapat memaknai pengalaman yang berharga ini untuk masa-masa yang akan datang.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-kapolres-solsel-mengucapkan-terima_foto2_061220011647.jpeg

Kapolres Solsel AKBP. Tedy Purmanto, SIk turut mengucapkan terimakasih dan kata perpisahan pada, Pjs. Bupati Jasman Rizal dan Ny. Lasta Jasman.

Preatasi-prestasi dan kerja-kerja nyata yang sudah di ukir oleh Pjs. Bupati Jasman Rizal itu wajib untuk dipertahankan oleh pejabat dilingkungan Pemkab. Solsek, " pintanya

Zigo juga menilai, selaku pemimpin pak Jasman Ruzal telah mampu melahirkan keharmonisan dalam bekerja, sehingga menumbukan semangat dan etos kerja dalam pemerintahan, " ungkap Zigo.

Ketua DPRD itu juga menilai, kepiawaian Jasman sebagai Kepala Daerah di Solsel juga tercatat telah berhasil menjadikan daerah ini sebagai salah satu daerah yang telah berhasil dalam penanganan covid-19, salah satunya lewat pembentukan ' Nagari Tageh'.

Masih menurut Zigo Rolanda yang politisi Partai Golkar tersebut, Pjs. Bupati Jasman Rizal tidak saja berhasil didalam mendukung tata kelolah pemerintahan, akan tetapi juga telah mampu membangun harmonisasi dalam kehidupan bermasyarakat di daerah ini.

Sebagai bukti dari keberhasilan beliu dalam berkomunikasi dengan masyarakat. Hal ini dibuktikan baru-baru ini Pjs. Bupati Jasman Rizal baru saja dilewakan sebagai salah seorang pemangku adat di daerah ini, yang bergelar datuak Bandaro Bendang maka secara adat lengkaplah nama beliu, Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang, " tambah Zigo.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-foto-bersama-melepas-pjs-bupati-solsel-jasman-rizal-dan_foto4_061220011647.jpeg

Perpisahan Pjs. Bupati Jasman Rizal di aula Saratau Sasurambi di hadiri Ketua DPRD Solsel, Forkopimda, Kepala OPD, Ketua Baznas, Pimpinan Perbangkan dan Perusahaan di Solsel, di aula Sarantau Sasurambi Jumat (4/12/2020).

Lebih lanjut Zigo menambahkan, " meski masa tugas kedinasan pak Jasman Rizal sudah berakhir pada Sabtu (5/12/2020) kemaren, namun dari sisi hubungan kebatinan dan hubungan adat serta budaya beliu bukanlah terakhir untuk Solsel..

Karena secara silsilah adat beliu tokoh adat daerah ini. Sudah barang tentu perhatian dan kepedulian beliu untuk daerah ini akan terus ada, bahkan beban beliu sebagai seorang Dt. Bandaro Bendang sangat berat untuk Solsel ini dimasa datang, " demikian Zigo Rolanda saat menyampaikan pesan dan kesan saat digelar perpisahan dengan Pj. Bupati Solsel Jasman Rizal di aula Sarantau Sasurambi.

Terakhir atas nama lembaga dewan, Zigo juga menyampaikan permohonan maaf pada Pj. Bupati, kalau selama 71 hari bertugas di Solsel ada hal-hal yang kurang baik. (Advetorial)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru