Masyarakat Danau Kembar Solok Resah, Harimau Makan Ternak Masuk Pemukiman Warga

PERISTIWA-1029 hit

AROSUKA - Masyarakat Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok resah karena harimau masuk pemukiman warga.

"Benar, harimau terlihat di Jorong Rawang Gadang dan Lurah Ingu, Nagari Simpang Tanjung Nan IV, Kecamatan Danau Kembar," ujar Camat Danau Kembar Eka Putra, Rabu (2/12/2020).

Harimau Sumatra itu, jelas Eka Putra, muncul di dua tempat sebanyak empat kali. Bukan sekedar muncul, harimau ini juga sudah menerkam anjing dan ayam warga.

Awal kemunculan harimau diketahui Selasa (1/12) dinihari tadi. Kemudian pada Rabu (2/12) sore ia kembali terlihat di Kawasan Lurah Ingu dan Rawang Gadang.

Masyarakat makin takut karena usai menyantap anjing warga, harimau yang ukurannya besar itu tidur di tepi jalan. Bahkan terlihat melintas di jalan Rawang-Pesisir Selatan. Saat melintas itu, warga sempat mengambil videonya.

"Pada Selasa malam, saat disorot oleh warga dengan senter, harimau bukannya menjauh, tetapi mendekati pemili rumah yang menyenter tersebut.

"Warga menjadi takut karena harimau malah makin mendekat dan tidur-tiduran dengan rumah warga," tambah Eka Putra.

Pihakanya sudah berkoordinasi dengan Kepala BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam Resor Konservasi Wilayah Solok, Afrilius. Bahkan sejak semalam, hingga lima hari ke depan BKSDA akan berada di lokasi, berusaha mengusir harimau tersebut kembali ke hutan dan menjauhi pemukiman warga.

"Sebelum BKSDA datang Camat dan Polsek turun ke lokasi untuk melakukan pengusiran harimau agar kembali ke habitatnya," jelas Eka Putra.

Bahkan Kapolsek Danau Kembar melepaskan empat pelurunya agar harimau menjauh. Harimau sempat menghilang, namun sore, sekitar 17.00 harimau kembali muncul di dekat pemukiman atau di jalan temus Rawang, Danau Kembar-Pesisir Selatan.

"Berselang setengah jam, masyarakat di kawasan Rawang Gadang dikejutkan dengan kemunculan harimau, yang tidur dekat kawasan parkir kendaraan masyarakat yang berladang di lokasi,"jelas Eka Putra.

Petugas dan masyarakat mencoba mengusir harimau dengan menggunakan mobil, tidak membuat harimau menjauh, harimau tersebut malah masuk ke kawasan Lanyah, daerah antara Lurah Ingu dan Rawang Gadang, masih dekat dengan pemukiman warga.

"Kemungkinan besar, harimaunya dua ekor, tapi pastinya nanti oleh BKSDA," tambah Eka Putra.

Teror harimau belum berhenti, usai Magrib Rabu (2/12) harimau yang muncul di kawasan Lurah Ingu, dan memangsa ayam milik warga. Pihak BKSDA dan Polsek serta masyarakat masih melakukan upaya pengusiran harimau tersebut. (Fen)

Sumber: Suhanews.co.id

Loading...

Komentar

Berita Terbaru