Bank Nagari Sawahlunto Dukung Peningkatan Produksi Industri Songket Silungkang

EKONOMI-347 hit

SAWAHLUNTO - Bank Nagari Cabang Sawahlunto siap bantu penguatan modal usaha para pengrajin Songket Silungkang, Sawahlunto, Sumatera Barat, melalui kredit pinjaman untuk pengembangan usaha produktif kalangan UMKM. Selain itu, bank milik rakyat Sumbar ini ikut mempromosikan varian terbaik dari jenis songket Silungkang yang akan dipasang sebagai hiasan didinding ruangan pusat pelayanan nasabah gedung baru Bank Nagari yang akan diresmikan saat hari jadi Kota Sawahlunto ke 132 tahun, 1 Desember 2020, di Blok B Pasar Raya Sawahlunto

"Insya Allah, kami siap memajukan industri songket Silungkang dan usaha lain yang dikembangkan pelaku UMKM, sehingga pertumbuhan ekonomi Sawahlunto lebih meningkata. Untuk lebih mempromosikan songket Silungkang, kami akan pasang jenis motif songket terbaik di didinding ruang pelayanan kantor baru di Blok B. Ruangannya lebih representatif dan luas dari kantor sekarang dilengkapi fasilitas umum sehingga memberi kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi." Ungkap Fauzan Sony Mangkubrata, saat diwawancarai beritaminang.com beberapa hari lalu.

Dikutip dari pemberitaan Humas Pemko, manajemen Bank Nagari sudah memulai memberdayakan pembelian produk pengrajin industri songket tersebut dengan memesan berbagai varian produk terbuat dari songket ini saat berlangsungnya acara diversifikasi songket Silungkang di Balairung kediaman Wako Deri Asta, Rabu (25/11/20). Barang yang dibeli tersebut akan digunakan untuk menghiasi ruangan kantor dan sebagai cenderamata yang akan dibagikan kepada nasabah.

Baca Juga


"Barang yang dipesan untuk Bank Nagari terdiri dari taplak meja, hiasan dinding dan cinderamata. Kebetulan 1 Desember 2020 nanti Bank Nagari Cabang Sawahlunto akan pindah ke kantor barunya di Blok B. Biar lebih menarik dan membanggakan, barang yang dipesan ini akan dipasang menghiasi dinding dan ruangan pelayanan bank. Dengan cara ini secara tidak langsung kami ikut berperan mempromosikan songket Silungkang sebagai komoditi industri berdaya saing." Kata Fauzan.

Terkait pinjaman modal pengembangan usaha, Bank Nagari telah menyiapkan produk pelayanan terbaru dinamai SIMAMAK sebagai bentuk perhatian terhadap kemudahan UMKM memperoleh pinjaman untuk pengembangan usaha mereka. Bank Nagari sangat merekomendasikan produk dengan skema pinjaman tanpa agunan berbunga rendah untuk membantu pertumbuhan industri UMKM ditengah pandemi COVID-19 saat ini dengan nilai maksimal sebesar Rp 3 juta dengan bunga 7 persen per tahun.

Menyikapi produk SIMAMAK Bank Nagari dalam membantu pengrajin Songket Silungkang, Walikota Sawahlunto Deri Asta sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bank Nagari, karena dalam kondisi saat ini program tersebut sangat tepat dilakukan untuk membantu para perajin. (Iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru