Subuh Mubaraqah UNP Pagi Jumat Ini; Menjadi Umat Islam yang Moderat

PENDIDIKAN-473 hit

Padang-Menjadi umat Islam yang moderat adalah amat penting yang umat Islam yang moderat yang tentu sesuai dengan syariat dalam agama Islam. Dengan demikian, umat Islam memberikan atau menjadi rahmat bagi sekalian alam

Wakil Rektor Universitas Negeri Padang, Dr. Refnaldi, M.Litt. menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada akhir kegiatan Subuh Mubaraqah Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial pada Jumat (27/11) pagi ini secara virtual yang diikuti oleh sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

Penceramah Subuh Mubaraqah pada Jumat pagi ini, Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A. dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau menjelaskan bahwa kita perlu memahami Islami yang moderat dan kita perlu menjaga agama kita agar tetap menjadi rahmat bagi sekalian alam.

Baca Juga


"Umat Islam diharapkan menjadi orang-orang yang moderat yakni umat yang berada di tengah-tengah dan menjadi contoh bagi umat lain di dunia ini sebagaimana telah dicontohkan oleh Rasulullah," jelas Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A. yang juga alumnus Universitas Al-azhar Kairo, Mesir.

Lebih lanjut, Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A. menjelaskan bahwa syariat di dalam agama Islam adalah bukanlah dibuat Rasulullah melainkan diturunkan Allah kepada Rasulullah.

"Umat Islam yang moderat adalah umat yang berada di tengah-tengah seperti dalam melakukan ibadah yang tidak berlebih-lebihan," kata Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A.

Di dalam ceramahnya, Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A. menjelaskan bahwa umat Islami yang moderat adalah umat yang tidak memberikan perhatian kepada pihak yang lain secara berlebihan dan mengabaikan pihak yang lain.

"Umat Islam yang moderat adalah umat Islam yang memiliki toleransi kepada umat lain termasuk kepada
Umat Islam yang moderat adalah umat yang bergandeng tangan untuk hal yang sama dan berlapang dada menerima hal yang berbeda," tambah Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A.

Menurut Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A., untuk itu umat Islam yang moderat adalah juga umat yang bermusyawarah dalam arti bersama-sama sehingga berbagai permasalahan harus dibicarakan dalam arti mengutamakan musyawarah.

"Umat Islam yang moderat adalah umat yang harus melakukan inovasi dan mengakomodasi teknologi dalam arti umat Islam harus mencapai yang terbaik secara terus-menerus hingga terus mencapai yang terbaik dalam kehidupan ini," jelas Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A.

Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A. menambahkan lagi, bahwa umat Islam diharapkan harus menjadi yang baik atau menjadi teladan bagi umat lain atau bagi orang lain di sekitar kita. Selain itu, kata Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A. umat Islam yang moderat juga umat yang harus mencintai tanah airnya. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru