Dinas Pendidikan Solsel Sosialisasikan Asesmen Nasional bagi Guru SD dan SLTP

PENDIDIKAN-355 hit

PADANG ARO - Terkait dengan adanya perubahan mendasar pada Asesmen Nasional (AN), Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solsel gelar sosialisasi bagi guru kelas 5 Sekolah Dasar (SD) guru kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan operator sekolah SD dan SMP.

" Asesmen Nasional saat ini tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, akan tetapi melalui evaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses dan hasil, " kata Plt. Kadisdikpora Solsel Novrizon, S. Pd. M. Si.

Hal itu disampaikan Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solsel, Novrizon saat membuka Sosialisasi yang dilaksanakan di wisma Umi Kalsum Muara Labuh, Selasa (24/11/2020)

Baca Juga


Asesmen Nasional ini menurut Novrizon terdiri dari tiga bagian, yaitu pertama, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi.

Kedua aspek kompetensi minimum ini, menjadi syarat bagi peserta didik untuk berkontribusi di dalam masyarakat, terlepas dari bidang kerja dan karier yang ingin mereka tekuni di masa depan.

Ketiga Survei Lingkungan Belajar yaitu untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.

Gambaran layanan dan kinerja dari setiap satuan pendidikan dari hasil asesmen nasional ini kemudian menjadi cermin untuk kita bersama-sama melakukan refleksi mempercepat perbaikan mutu pendidikan di Solsel," ujar Novrizon

Dijelaskannya, Asesmen Nasional pada 2021 dilakukan sebagai pemetaan dasar dari kualitas pendidikan yang nyata di lapangan, sehingga tidak ada konsekuensi bagi sekolah dan murid.

Sementara itu, panitia pelaksana Kasi Kurikulum Disdikpora Solsel, Rafendi Yuzuar, S. Pd menjelaskan, bawah peserta yang mengikuti kegiata asesmen sebanyak 374 peserta dengan 5 angkatan.

Adapun rinciannya adalah, guru kelaa 5 SD dan operaror dari 148 SD Negeri/swasta dan guru kelaa VIII dan operaror dari 39 SMP Negeri/Swasta yang ada di Solsel, "jelas Rafendi Yuzuar.

Sedangkan nara sumber kegiata tersebut diantaranya, Rika Jumatil Fitri, M. Pd, Agre Ilham Ramadan, SE untuk kelompok SMP, dan Mus Mulyadi, M. Pd, Ahmad Nur Mei Endra, S. Kom untuk SD," pungkas Rafendi Yuzuar. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru