Begini Analisis BMKG Terkait Gempa Mag:3.3 di Bukittinggi

PERISTIWA-689 hit

JAKARTA - Selasa, 24 November 2020 pukul 14.18.22 WIB, wilayah Bukittinggi diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,3. Episenter terletak pada koordinat 0,29 LS dan 100,36 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 1 km BaratLaut BUKITTINGGI-SUMBAR, pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Silaing Bawah dalam akun resminya, Selasa (24/11/2020) menyampaikan analisis Gempa Bumi Tektonik di Bukittinggi, sebagai berikut:

Jenis dan Mekanisme Gempabumi

Baca Juga


Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar sianok.

Dampak Gempabumi

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Bukittinggi I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang) . Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gempabumi Susulan

Hingga pukul 14.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Rekomendasi

Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Loading...

Komentar

Berita Terbaru