Tingkatkan Kualitas Pelatih dan Pembina, Kwarcab Sawahlunto Gelar TOT Asesor

PENDIDIKAN-166 hit

SAWAHLUNTO - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 11 Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menggelar kegiatan Training of Trainer Asesor dan Pelatihan Akreditasi Gugus Depan (Gudep). Kegiatan tersebut diikuti 16 pelatih, dan 36 pembina gugus depan selama dua hari di Gedung Pramuka setempat, Kelurahan Durian II, Kecamatan Barangin, Ahad hingga Senin (22-23/11/20)

Ketua Pelaksana TOT Asesor dan Akreditasi Gudep A.Muharror Walad menyatakan, pelatihan ini dilakukan dengan tujuan memberikan asesmen terhadap penguatan materi-materi kepramukaan kepada para asesor dalam pendampingan akreditasi Gudep pangkalan peserta didik, sehingga programnya sesuai standar yang diharapkan Kwartir Nasional.

Untuk tahap ini, ucap A.Muharror, program sasaran akreditasi gudep ini di prioritaskan kepada 18 pangkalan seperti peserta didik siaga, penggalang, dan penegak yang akan didampingi oleh 16 asesor. Sedangkan akreditasi ini bertujuan untuk memotivasi gugus depan agar secara terus-menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu kegiatan evaluasi dan penilaian komprehensif atas komitmen gugus depan terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program pendidikan kepramukaan.

Baca Juga


Dengan demikian, tim Asesor yang akan ditugaskan oleh kwartir dapat menentukan kelayakan gugus depan dengan menunjukkan bukti-bukti yang disyaratkan dalam akreditasi tersebut.

Sekretaris Kwarcab Sawahlunto Agustin berharap kepada tim asesor yang terdiri dari para pelatih dan telah mengikuti pelatihan ditingkat daerah dan nasional dapat mendampingi gudep sebagai subjek sasaran akreditasi agar dapat lebih singkron saat menjalankan tugas dan tanggungjawab dilapangan.

Sementara itu, Kadisdik Kota Sawahlunto Asril mengatakan, kepada seluruh kepala sekolah yang juga sebagai ketua majelis pembimbing gudep agar mendukung penuh proses pelaksanaan akreditasi gudep dan pembinaan Pramuka diwilayah instansinya masing-masing.

"Gudep yang akan di akreditasi sudah disiapkan dengan pembina serta kelengkapan sasaran akreditasinya agar sasaran tercapai. Diharapkan tahun depan kegiatan akreditasi gudep dapat dituntaskan secara bertahap" ungkap

Kepala Dinas Pendidikan Sawahlunto Asril, sambil mengucapkan terima kasih kepada para pembina pramuka yang telah mengabdikan dirinya dalam pembinaan gudep sehingga bisa meningkatkan karakter anak didik sebagai generasi penerus bangsa. (Iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru