Warga Goro Bersama Perbaiki Jalan di Pekonina Solok Selatan

PERISTIWA-576 hit

PADANG ARO - Akhirnya Jalan Nasional yang rusak parah di Jorong Pekonina Nagari Alam Pauh Duo Kec. Pauh Duo, diperbaiki juga.

Sudah cukup lama jalan Nasional di Solsel itu rusak parah, bahkan untuk lewat mobil saja sangat sulit, selain berlobang besar, juga tidak hanya satu titik yang berlobang, tapi banyak.

Dulu sudah ada perbaikannya, itupun membantu menimbun jalan berlobang tersebut orang luar Solok Selatan pula. Bahkan diberbagai media di informasikan, jalan nasional di Solsel di perbaiki oleh warga diluar Solsel, hebat.

Baca Juga


Kenapa tidak hebat, jalan di Solsel yang sudah pasti setiap hari dilewati pejabat, masyarakat dan berbagai pihak lainnya, termasuk yang lewat karyawan perusahaan perusahaan besar yang ada di Solsel,

Apalagi karyawan perusahaan PT. Supreme Energi Muara Labuh, sudah pasti mereka lewat, karena posisi jalan nasional rusak parah itu ada di dekat lokasi perusahaan itu beraktifitas.

Alhamdulillah, sekarang sudah masyarakat Pekonina pula yang melakukan perbaikan jalan tersebut dengan cara swadaya pula lagi.

Jalan yang digadang-gadang namanya jalan Nasional di KM 20 Muara Labuh-Padang Aro itu, oleh masyarakat dilakukan goro bersama, Minggu (22/11/2020).

Menurut, Kepala Jorong Pekonina, Istori pihaknya melakukan perbaikan jalan nasional yang rusak parah tersebut, atas keinginan dari masyarakat sendiri.

Pasalnya jalan yang persis dekat Masjid, dan dekat salah satu Sekolah SD serta di persimpangan dua jorong, yaitu ke Jorong Kampung Baru dan Taratak Tinggi di puncak Pekonina itu, kondisinya sudah sangat parah. Bisa-bisa orang bersepeda motor jatuh,karena selain lobangnya besar, juga sangat banyak.

" Jadi goro bersama yang menghabiskan semen 15 zak dan pasir milik masjid Al -Jihad Pekonina itu, untuk mengindari musibah, baik bagi jemaah yang mau ke Majid maupun orang lain yang lalu lalang di sana, " jelas Toriadi.

Atas nama masyarakat, pihaknya sangat berharap pada Pemerintah untuk membuat drainase di sepanjang jalur Pekonina itu. Karena kerusakan jalan tersebut dikarenakan jika hujan, maka air akan mengalir ditengah jalan, karena drainase tidak ada, " tambah Istori.

Untuk goro dan swadaya masyarakat yang bisa di cor pada Minggu (22/11/2020) baru sekitar 250 meter, masih ada lagi jalan nasional di Pekonina itu yang sangat butuh penanganan segera, " harap Istori.

Hal senda juga dikatakan Babinsa Nagari Alam Pauh Duo, yang juga anggota Koramil 03/Muara Labuh, Sertu (TNI) Osman.G, pihaknya bersama dengan masyarakat setempat melakukan goro bersama mencor jalan nasional yang sangat rusak parah itu.

" Kita apresiasi warga masyarakat yang punya rasa kepedulian dan kebersamaan untuk membantu memperbaiki fasilitas umum yang rusak diwilayah mereka. Meski bahan semen untuk dupasang juga mereka yang berswadaya, " kata Osman.

Kepedulin masyarakat ini, sebuah cermin rasa cinta tanah air, dan hal ini tentu pantas kita sokong. Apalagi yang mereka lakukan untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan nasional yang ada di daerah mereka, " pungkas Osman. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru