Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Canangkan KKG PKK KB-Kes 2020 di Kabupaten Solok Selatan

PEMERINTAHAN-212 hit

PADANG ARO - Pencanangan Kegiatan Kesatuan Gerak (KKG) PKK, KB-Kesehatan Kabupaten Solok Selatan tahun 2020 ditabuh oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di kawasan Hot Water Boom (HWB) Sapan Maluluang, Kecamatan Pauh Duo, Selasa (17/11/2020).

Pencanangam KKG PKK KB-Kes pada tahun ini yang bertemakan " Gerakan PKK Untuk Indonesia Maju' ini, terasa istimewa, karena pelaksanaannya di salah satu objek wisata yang membagakan daerah tersebut, yaitu kawasan objek pemandian air panas HWB Sapan Maluluang.

Meski cuaca saat acara kurang mendukung, namun semua rangkaian kegiatan terlaksana dengan lancar, aman dan tertib. Dimana para pengurus dan kader PKK, tenaga medis beserta masyarakat masih tetap bertahan dilokasi acara hingga selesai.

Bahkan leistimewaan lain dari kegiatan KKG PKK kali ini juga dirangkai dengan peresmian Nagari Tageh dan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 tahun 2020 di Solsel.

Turut hadir diacara tersebut, Rektor Universitas Andalas Yuliandri, Pjs. Bupati Solok Selatan Jasman Rizal, Komandan Kodim (Dandim) 0309/Solok, Letkol Arm Reno Triambodo, Kapolres Solok Selatan, AKBP Tedy Purnanto, Kajari Solsel M.Bardan, Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Etna Estelita, Kadis Kesehatan Prop. Sumbar Arry Yuswandi, Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas Andani Eka Putra, Direktur Nagari Development Centre (NDC) Unand Erigas Eka Putra.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-gubernur-irwan-prayitno-dan-rombongan-disambut-penari-di_foto1_191120090403.jpeg

Gubernur Irwan Prayitno dan rombongan disambut penari di area Objek Wisata Hot Water Boom Sapan Maluluang Pauh Duo.

Selain itu terlihat juga Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar diwakili Wakil Ketua, Ny. Linda Alwis, Ketua TP PKK Solsel, Ny. Lasta Jasman, Kadis Kesehatan Solsel, H. Novirman, Pengurus TP-PKK Provinsi Sumbar, Kabupaten Solsel, pengurus TP -PKK Kecamatan dan Nagari se-Solsel, serta sejumlah OPD Propinsi dan OPD Kabupaten Solsel

Usai pencanangan yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Irwan Prayitno tersebut, dalam arahannya beliu mengatakan, keberhasilan PKK dalam upaya memberdayakan masyarakat sudah teruji, sehingga terciptanya lingkungan yang sehat di tengah-tengah masyarakat melalui kerja keras seluruh kader PKK.

Makanya, Irwan Prayitno mengapresiasi kader PKK yang tidak kenal lelah dan tanpa pamrih membantu masyarakat dalam menata keluarga dan mewujudkan masyarakat agar tetap hidup sehat.

"Ini luar biasa PKK, melalui kadernya yang senantiasa tanpa pamrih, tanpa letih dan lelah, telah turun ke lapangan untuk melakukan sosialisasi kepada kelompok masyarakat/kelompok dasawisma dalam menata perilaku yang sehat, serta berbagai program pemberdayaan kesejahtetaan keluarga, "ungkapnya.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-peserta-pencanangan-kkg-pkk-kb-kesehatan-di-solsel-hikmad-ikuti_foto2_191120090404.jpeg

Peserta pencanangan KKG, PKK KB - Kesehatan hikmad mengikuti acara di area Hot Water Boom Sapan Maluluang Solsel.

Kader PKK lanjutnya, juga punya andil besar dalam memberikan dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, melalui berbagai kegiatan antara lain, program pemberdayaan ekonomi lewat usaha rumah tangga, serta program kecakapan lainnya.

Disisi lain, untuk program keluarga berencana, ia (gubernur-red) sangat setuju dengan progam presiden Jokowi yang tidak ada penekanan lagi untuk program dua anak cukup, melainkan merencanakan dan kualitas yang menjadi target utama dalam sebuah keluarga.

Beliu juga mengapresiasi atas terlaksananya KKG PKK KB Kesehatan yang setiap tahunnya mampu memberikan kontribusi terhadap pencapaian pelayanan Keluarga Berecana dan Kesehatan di Kabupaten Solsel.

Sekarang bagaimana kita merencanakan pembangunan keluarga yang berkualitas, bukan orientasi pada dua anak" ungkapnya.

"Artinya, bisa saja mempunyai anak lebih dari dua, namun harus direncanakan agar melahirkan generasi yang berkualitas kedepannya," harap Irwan Prayitno.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-ny-lasta-jasman-dan-rombongan-tinjau-stand_foto3_191120090404.jpeg

Pjs. Ketua TP - PKK Solsel, Ny. Lasta Jasman bersama ibu-ibu Persit (ibu-ibu TNI-red) saat meninjau stand UP2K Nagari Talao Sungai Kunyit.

Pjs Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal dikesempatan mengatakan, KKG PKK KB-Kes merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka mewujudkan kesejahtetaan masyarakat melalui 10 program pokok PKK

Pencanangan ini, lanjutnya, merupakan langkah sinergis lintas stakeholders dalam meningkatkan capaian pembangunan masyarakat melalui program PKK di bidang kesehatan dan keluarga berencana, ekonomi keluarga, serta program pemberdayaan masyarakat lainnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Solok Selatan Lasta Jasman mengatakan, 10 program pokok PKK tidak akan tercapai tanpa adanya bantuan dari OPD terkait, maka ia berharap hubungan baik antara OPD dan PKK tetap terjaga sehingga PKK Solok Selatan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga, serta berbagai program pembangunan lainnya yang dilakukan Pemerintah.

Tercatat juga dalam kesepakatan KKG dan pembentukan Tim Operasional KKG PKK KB-Kesehatan tahun 2020 ini, yang melibatkan berbagai OPD terkait, ada fokus kegiatan yang dibagi pada empat macam, diantaranya, kegiatan KB, PHBS, LBS dan posyandu.

Khusus untuk KB, pada tahun ini mulai Juli 2020, sampai Desember 2020, ada beberapa target pelayanan yang telah ditetap. Hal ini tentu saja dalam rangka membangun keluarga sejahtera, " harap Ny. Lasta Jasman.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-pjs-ketua-tp-pkk-solsel-ny-lasta-jasman-saat-memberikan_foto5_191120090404.jpeg

Pjs. Ketua TP PKK Solsel, Ny. Lasta Jasman saat memberikan sambutan pada pencangan KKG PKK, KB -Kesehatan Tahun 2020 di area HWB Sapan Maluluang, Selasa (17/11/2020).

Atas nama TP-PKK Solsel, Ny. Lasta Jasman juga mengungkapkan apresiasinya pada OPD di lingkungan Pemkab. Solsel yang telah memberi dukungan program dan bantuan untuk kesuksesan KKG PKK KB-Kesehatan tahun ini

Dianyaranya, dari Dinas Tarkim & LH, penyediaan kontainer 2 buah, Dinas Ketahanan Oangan pemberian bibit ikan mas/nila 2 ribu ekor, Dinas Pertanian memberikan bibit pisang roti dan Dinas Dukcapil, penyerahan Akta Kematian, Akta Kelahiran 0-18 tahun, KTP-e, dan penyerahan KIA (Kartu Identitas Anak) .

Sedangkan Dinas P2KB, PP&PA, menyerahkan motor operasional KB Kec. Sungai Pagu, penyerahan KIT PPKB dan Sub PPKB Kabupaten , penyerahan sertifikat sejuta akseptor kepada BKB, Pimpinan Puskesmas Lubuk Gadang dan pwnuerahan skseptor.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-barisan-tenaga-medis-siap-berikan-pelayanan-pada_foto4_191120090404.jpeg

Barisan tenaga medis yang siap memberikan pelayanan pada masyarakat saat pencanangan KKG PKK, KB -Kesehatan Tahun 2020 di area Hot Water Boom Kecamatan Pauh Duo.

Dukungan kegiatan lain yaitu Bagian Kesra, yanh menyerahkan sertifikat kegiatan penyelenggaraan jenazah, sertifikat pembinaan guru TPA/MDA/TPQ/TPSQ.

Disampaikannya juga, pada tahun ini capaian prestasi yang diraih Solsel untuk berbagai lomba tingkat provinsi diantaranya, TP-PKK Nagari Pakan Rabaa Tengah sebagai terbaik II Posyandu, Kec. SBH sebagi pelaksana terbaik II Pelaksanaan iva tes. Terakhir Nagari Pakan Rabaa terbaik III tertib Adminitrasi.

Pencanangan KKG PKK KB-Kes yang dirangkai dengan peringatan HKN ke-56, di HWB dilaksanakan tes swab, pemasangan alat kontrasepsi Implant, Pil, Suntik, Penyakit Tidak Menular. Serta ada pemeriksaan cek gula darah, asam urat. Kegiatan Donor darah dari PMI, pameran produk UP2K. (Adventorial)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru