Wow! Demi Penguatan Sektor Pertanian, Kades Kubang Tangah Sisakan Gaji Bayar PBB Petani

EKONOMI-423 hit

SAWAHLUNTO - Demi penguatan perekonomian masyarakatnya disektor pertanian, Rice, Kepala Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Sawahlunto, Sumbar, tak segan menyisihkan gajinya sebagai Kades untuk membiayai pajak bumi dan bangunan (PBB) para petani yang mau mengolah lahan pertaniannya bisa lebih produktif. Upaya ini dilakukannya sebagai bentuk menyemangati masyarakat dalam memanfaatkan lahan kosong untuk kesejahteraan mereka masing-masing.

"Ditengah kondisi saat ini, sektor pertanian jadi tumpuan penguatan perekonomian masyarakat. Untuk itu, saya memberi stimulus dengan membayarkan PBB para petani yang bersedia mengolah lahan pertaniannya agar lebih bernilai ekonomis. Karena anggaran itu tidak tersedia di APBDes, maka dengan ikhlas dan bukan karena mencari popularitas saya sisihkan dana dari gaji sebagai Kades untuk melunasi PBB warga penggarap lahan tersebut." Ungkap Rice, saat dihubungi beritaminang.com melalui telepon, Ahad (15/11/20).

Rice mengutarakan, selaku Kades, dia memiliki perhatian khusus kepada masyarakat petani di desanya. Dengan demikian, pihaknya memprogramkan bantuan bibit dan pupuk senilai Rp 10 juta dari sumber APBDes kepada petani yang mampu mengolah serta mengembangkan lahan-lahan kosong sebagai sentra pertanian produktif.

Selain bantuan berupa bibit dan pupuk itu, kewajiban membayar PBB sebesar Rp 14 juta untuk pengelola lahan pertanian di Desa Kubang dalam tahun ini dia bantu pula secara pribadi, kelak jika panen berhasil, maka PBB tahun berikutnya menjadi tanggungjawab para petani untuk melunasinya sendiri sebagai kewajiban dan tanggungjawab selaku warga negara.

Terbatasnya anggaran dana desa yang tersedia, tidak menjadi alasan untuk mengembangkan potensi ekonomi Desa Kubang Tangah. Terrbukti, upaya yang dilakukan cukup berhasil dengan adanya panen perdana bawang merah sebagai bentuk ujicoba tahap pertama seluas 1/4 hektare dengan bibit sekitar 85 kilo , masa panen 60 hingga 70 hari yang dikembangkan Poktan Guguak Pauah dan juga sedang dilakukan dilokasi lain di Dusun Batu Tajam. Menurut Kades Rice, pihaknya menaikan anggaran bantuan petani dalam perubahan APBDes sebesar Rp 32 juta.

Sementara itu, Desa Kubang Tangah yang sudah memiliki tanah kas desa bersertifikat seluas 1,5 hektare di Polak Data juga kan dikembangkan menjadi lebih produktif dengan tanaman rempah seperti 2000 bibit pohon pinang jenis batara. Jika kelak sudah menghasilkan, tumbuhan ini akan mampu memberi nilai lebih untuk PADes.

Dikunjungi Wako dan GM UPO

Sepakterjang program pertanian yang dibangun Kades Kubang Tangah mendapat respon positif Walikota Sawahlunto Deri Asta dan GM PT Bukit asam UPO, Jumat lalu (13/11), mereka datang melihat inovasi pembangunan desa yang dibangun di Desa Kubang Tangah. Dilansir dari Bagian Kominfo Persandian dan Humas, Wako siap mendukung langkah Kades Rice dengan menginstruksukan Dinas Pertanian untuk optimal mendampingi Poktan Kubang tersebut.

Wako Deri Asta berharap, penggarapan pertanian bawang ini terus dilanjutkan dan kembangkan, karena potensi lahan dan kondisi tanah sebagian cocok untuk budidaya tanaman bawang merah, sehingga bila panennya berhasil baik dapat memenuhi kebutuhan konsumen minimal untuk Kota Sawahlunto.

Respon lain juga ditunjukan GM PT Bukit Asam UPO Yulfaizon, sebagai putra asli Nagari Kubang, pria berperawakan tenang dan simpatik ini ikut mengapresiasi gerakan bertani produktif di Desa Kubang Tangah. Menyikapi langkah Pemdes itu pihaknya siap membantu sesuai kebutuhan dan kemampuan perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). PT BA sudah banyak menyalurkan bantuan seperti ini, sekarang bantuan yang sama juga dapat diberikan kepada kelompok-kelompok produktif petani Kubang. (Iyos)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru