Wakil Rektor III UNP: Mahasiswa Hendaknya Pahami Etika di Lingkungan Kampus

PENDIDIKAN-382 hit

PADANG - Pembinaan etika yang baik di lingkungan pendidikan, termasuk di perguruan tinggi akan memberikan dampak dan pengaruh yang baik bagi pengembangan mental kebangsaan mahasiswa. Karena etika, itu merupakan suatu pandangan tentang nilai-nilai dan norma-norma moral yang melahirkan tata krama, sopan santun, dan susila.

Itulah benang merah yang bisa diambil dalam pemaparan yang disampaikan Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang (UNP), Hendra Syaridudin, Ph.D saat berbica dalam Webinas Nasional bertemakan, Pembinaan Mental Kebangsaan Melalui Pendidikan Norma, Etika, Karakter dan Soft Skills Mahasiswa, yang dilaksankan Fakultas Ilmu Pendidikan UNP, Selasa (10/11/2020).

Disebutkan Hendra, mahasiswa harus paham dan memahami etika yang selalu dibangun di lingkungan kampus, termasuk di UNP. Diantaranya, datang tepat waktu, memenuhi target minimal, saling hormat dan menghargai, senyum sapa dan salam, sopan santun, jujur, peduli berbagi, bertanggung jawab, berpakaian menutup aurat dan rapi dan berhias yang wajar/seadanya.

Baca Juga


"Bila norma ini dilakukan dengan baik dan sungguh-sungguh di lingkungan kampus, nantinya akan terjalin harmonisasi kehidupan kampus yang baik, sehingga menghasilkan lulusan yang berkepribadian nasional dan bermental kebangsaan yang tinggi," tegas Hendra.

Sementara itu, Dekan FIP UNP, Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd dalam kesempatan yang sama menyebutkan, menyebutkan, kegiatan Webinar ini dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan norm etika di lingkungan mahasiswa, terutama mahasiswa baru.

"Sehingga mahasiswa tak hanya unggul di bidang akademik, tapi juga punya etika dan karakter kepribadian," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Rusdinal juga menyebutkan, dalam menuntut ilmu, hendaknya mahasiswa punya mental kebangsaan yang kuat dan jangan cukup puas dengan prestasi yang diraih.

"Teruslah berinovasi, cari terobasan, sehingga terjadi lompatan prestasi demi prestasi baik di tingkap jurusan, fakultas, perguruan tinggi bahkan nasional dan internasional," sebutnya.

Sekaitan dengan pelaksanaan webinar, Dekan FIP juga menyampaikan, webinar nasional ini, menghadirkan empat pemateri, yakni:

1. Wakil Rektor UNP Hendra Syarifuddin, Ph.D dengan topik: Pembinaan Mental Kebangsaan Melalui Pendidikan Norma dan Etika Mahasiswa

2. Dekan FIP Univ Negeri Malang Prof. Dr. Bambang Budi Wiyonoa, dengan topik: Pembinaan Mental Kebangsaan Melalui Peningkatan Soft Skil Mahasiswa

3. Dosen UIN IB Padang, dengan tema: Pembinaan Mental Kebangsaan Melalui Pendidikan Karakter Mahasiswa yang Religius

4. Annisa (Juaraa Favorit PINMAS PKM-KC ke-32 Tahun 2019, dengan tema: Menjadi mahasiswa pembelajar, berorganisasi dan berprestasi serta memiliki karakter mullia (best practices)

"Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis UNP ke-66 tahun 2020 ini," katanya. (MR)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru