IKSK Jabodetabek Gelar Webinar Tingkatkan Daya Saing Teknologi Pelajar Kota Sawahlunto

PERISTIWA-172 hit

JAKARTA - Ditengah semakin mewabahnya pandemi corona virus disease COVID-19, Ikatan Keluarga Kota Sawahlunto (IKSK) Jabodetabek tetap melanjutkan aktifitas organisasi yang sudah direncanakan oleh pengurus periode 2019-2023. Namun kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, tidak dilakukan bertatap muka melainkan secara daring, webinar bertajuk "IKSK Ngobrol Bareng Siswa (I-Ngobras) yang dilakukan Ahad (8/11/20) kemarin.

Hal itu disampaikan Ketua Umum IKSK Jasyanto Sahoer dan Syafnal Mawardi yang melakukan kontak langsung dengan beritaminang.com dari Jakarta, Senin (9/11). Dikatakannya, meski COVID-19 terus mewabah, tapi program-program kerja IKSK se Jabodetabek terus dilanjutkan pembahasan implementasinya oleh pengurusan periodesasi 2019-2023 sesuai visi yang disepakatinya yakni , "Terciptanya silahturahim warga rantau dan ranah Sawahlunto untuk kemajuan bersama".

Menurut Jasyanto Sahoer, ada 5 butir dari visi tersebut yang akan dilakukan yakni terkait program bidang pendidikan dengan memberi bantuan kepada masyarakat secara moril dan materil sebagai wujud bentuk pengabdian warga rantau dan ranah Sawahlunto. Untuk mendukung visi itu, sebut dia, IKSK menerapkan nilai-nilai luhur organisasi sebagai Ibadah, motivasi, aktif, nyaman, objektif, dan penuh kekeluargaan (IMAN OK).

Dalam sesi pembukaan webinar, Ketua Umum Jasyanto Sahoer), menyampaikan berbagai gagasan dan harapannya agar kegiatan yang digelar ini mampu merekat silaturahmi dalam memperkokoh kekuatan organisasi secara berkesinambungan dalam mewujudkan peran IKSK untuk membantu para siswa Sawahlunto mampu bersaing ditengah pergulatan kemajuan teknologi dan informasi yang sangat ketat saat ini.

"Penguasaan teknologi dan informasi sangat penting saat ini, sebagai contoh dibidang teknologi industri penerbangan dan antariksa agar kita tidak ketinggalan oleh negara-negara berkembang lainnya. Untuk itulah, melalui peran dan kontribusi IKSK dalam memajukan bangsa, maka kita giatkan terus program bidang pendidikan ini secara berkesinambungan." Tutur Jasyanto, yang juga sebagai Kabag Humas Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ini

Dalam kesempatan webinar itu, Jasyanto memaparkan berbagai hasil penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan (litbangjirap) dan informasi visual hasil litbangjirap yang menarik minat peserta, seperti teknologi roket, satelit, penerbangan, penginderaan jauh, sains antariksa dan afmosfer.

Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH didampingi sejumlah staf dan pembantunya turutserta kegiatan webinar. Dia sangat mengapresiasi kegiatan dan program yang digagas IKSK . Deri mengakui peran dan kontribusi IKSK sangat besar untuk mencerdaskan sumber daya generasi Sawahlunto agar lebih berdaya saing dan maju, melalui kegiatan webinar serta dukungannya dalam memberikan beasiswa.

Ketua BAKOR IKSJ H. Zulkarnain Oeyeob, SH, MM,MH, memberikan dukungan kegiatan ini. Harapannya, semoga informasi dan materi yang diangkat dalam webinar ini mampu menginspirasi kalangan generasi muda dan siswa-siswi untuk memahami sajian materi yang diangkat para pembicara webinar. Zulkarnain mengungkapkan nama-nama seperti Nila Kresna, Sylvia Djarjis, tokoh Sawahlunto sebagai praktisi public speaking sebagai orang berpengalaman dibidang kegiatan sosial dan motivator, serta owner sebuah hotel di Duren Sawit, Jakarta Timur, yang juga pemilik Komunitas Lansia Indonesia Bahagia, Sehat dan Aktif (KLIBSA), bertindak sebagai moderator webinar Z.Dearty, Z, yang juga ga Sekretaris Umum IKSK Jabodetabek.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab. Peserta yang terdiri dari berbagai unsur tokoh, guru dan siswa terlihat antusias karena sangat tertarik dengan isu-isu perkembangan teknologi bidang penerbangan dan antariksa, dengan banyaknya yang bertanya tentang bagaimana cara kerja roket, kompetisi roket cair, fungsi satelit, fenomena astronomi, dan materi pengembangan diri serta motivasi. (Iyos)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru