Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukittinggi Tambah Tempat Tidur Antisipasi Lonjakan Covid-19

KESEHATAN-213 hit

BUKITTINGGI - Bila terjadi ledakan pasien covid 19 di Sumatera Barat, Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi sebagai salahsatu rumah sakit rujukan covid 19 di Sumbar telah siap menampungnya.

Karena pihak Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi sangat serius dan terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap penanganan pasien covid 19.

Bukti keseriusan itu dilakukan dengan menambah kapasitas tempat tidur dan memindahkan ruangan perawatan, khusus untuk menampung pasien covid 19.

Selain itu, program pemerintah melalui RSAM adalah menekan angka masyarakat yang terkonfirmasi virus covid19, menekan angka kematian serta meningkatkan angka kesembuhan penderita covid19, serta Menyiapkan sarana dan prasarana termasuk Sumber Daya Manusia ( SDM ) tenaga kesehatan , semua itu salah satu bagian dari upaya mengantisipasi peningkatan pasien positif covid19,ujar Direktur RSAM Bukittinggi dr. Khairul, melalui Mursalman Chaniago SH, MM, Humas RSAM kepada media ini ketika dihubungi Jumat,(6/11).

Dikatakannya, Penambahan ruangan pasien covid 19 itu dilakukan sesuai arahan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat berkunjung ke RSAM Sabtu 17 Oktober 2020 lalu. Saat itu Gubernur meminta kepada Direktur RSAM untuk menambah ruangan dan tempat tidur perawatan dari 49 tempat tidur yang telah ada menjadi 100 tempat tidur.

Arahan Gubernur itu, disikapi RSAM dengan memindahkan ruangan pelayanan khusus covid 19 dari ruangan paru ke ruang rawatan Ambun Suri mulai lantai satu hingga lantai empat dengan kapasitas 100 tempat tidur telah disulap untuk penanganan pasien covid 19.

Sebelumnya, lantai satu dan dua Ambun Suri merupakan ruang rawatan untuk bedah. Dan lantai tiga serta lantai empat digunakan untuk rawatan interne/penyakit dalam .

Seluruh ruangan Ambun Suri yang terdiri empat lantai,masing masing lantai ada 25 ruangan tempat tidur,sehingga total ada 100 ruangan tempat tidur untuk pelayanan khusus pasien covid 19, jelas Mursalman Chaniago.

Sementara itu, ruang rawatan bedah pindah ke ruang rawatan THT dan ruangan THT digabung dengan ruang rawatan mata. Sedangkan ruangan Interne saat ini pindah bersebelahan dengan ruangan rawatan kebidanan, pungkas Mursalman Chaniago yang akrab di sapa pak Cha. (Yus )

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru