Setiap Pemangku Adat di Solsel Hendaknya Melakukan Inventarisasi Pakaian Bundo Kanduang

PERISTIWA-231 hit

PADANG ARO - Agar terlestarikan dan untuk lebih memperkenalkan busana adat daerah, khususnya pakaian adat Bundo Kanduang Solok Selatan, seluruh pemangku kepentingan hendaknya bisa menyatukan persepasi dalam menetapkan pakaian adat bundo kanduang tersebut.

"Tidak itu saja, pemakaian baju adat bundo kanduang itupun juga ada kesepakatan dalam pemakaiannya," ungkap Dr. Susasrita Loravianti saat menjadi nara sumber pada workshop yang digelar Disparbud Solsel di gedung serba guna Nagari Pasir Talang Barat, Kamis (5/11/2020)

Ditambahkannya, didaerah ini mulai dari pemangku adat, organisasi bundo kanduang serta pejabatan disetiap tingkatan, hendaknya melakukan iventarisasi pakaian bando kanduang yang ada di Solsel.

Artinya setiap pemangku adat (raja-raja-red) dan penghulu yang ada di Solsel hendaknya membantu mengiventarisasi pakaian bundo kanduang yang selama ini dipakai kelompok mereka.

Kemudian di ambil satu kesepakatan jenis, bentuk dan pernak - pernik lain yang mesti ada di desain baju bundo kanduang itu, untuk disepakati bersama menjadi sebuah ketetapan menjadi pakaian adat bundo kanduang daerah itu. Muaranya akan lahir legalitas atau atau hak paten terkait pakaian bundo kanduang di Solsel ini, " jelas Lora yang juga dosen ISI Padang Panjang itu.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solsel, Yolni Hendra disela-sela workshop Seni Tradisi Gadang Sarunai', Jumat (6/11/2020) menambahkan, pihaknya akan siap untuk memfasilitasi apa yang akan menjadi keinginan masyarakat adat, terutama dalam penetapan baju bundo kanduang di Solok Selatan.

Sebagai instansi yang salah satunya membidangi masalah kebudayaan, sudah barang tentu keinginan ini akan didukung. Tinggal nanti yang sangat dibutuhkan tim pengambil kebijakan dalam penetapan anggaran, " tambah Yolni Hendra.

Selain itu pihaknya juga sangat berharap komitmen dari seluruh pelaku adat, terutama untuk mendukung bisa terealisasinya penetapan ciri khas pakai adat bundo kanduang Solsel.

Sementara itu salah seorang dari keluarga keturunan raja yang ada di Solsel, Puti Reno Sari bersama dengan Ketua Bundo Kanduang Solsel, Hj. Nurhaisah Masgindo menurut Yolni Hendra sangat mendukung rencana para peserta workshop untuk mengidentivikasi pakaian bundo kanduang yang ada di Solsel.

Artinya, semua keturunan raja dan pemangku adat di Solsel akan bersedia untuk mengeluarkan model pakaian bundo kanduang yang selama ini mereka pakai, dan bersedia untuk identifikasi guna dijadikab satu model dalam pakaian adat bundo kanduang di Solsel, demikian pungkas Yolni Hendra. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru