Dibuka Wakil Rektor III, UNP Selenggarakan MTQ Mahasiswa Nasional

PENDIDIKAN-239 hit

PADANG - Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang (UNP) Hendra Syarifuddin, Ph.D, membuka secara resmi MTQ Nasional Mahasiswa yang dilaksanakan Fakultas Ilmu Sosial UNP, Jumat (6/11/2020). Pembukaan MTQ Nasional antar mahasiswa dilaksanakan secara virtual ini, merupakan rangkaian Dies Natalis UNP ke-66 tahun 2020 ini. Tampak hadir dalam pembukan, Dekan FIS UNP Dr. Siti Fatimah, para Dekan selingkungan UNP, para hakim dan peserta dari perguruan tinggi yang mengikutinya.

Dalam sambutannya, Hendra menyebutkan, kegiatan ini sangat bernilai strategis, terutama mensyiarkan Al Quran di tengah kaum intelektul seperti mahasiswa. Al Quran yang dibawa Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW merupakan dua makhluk utama dan agung dan besar. Mekkah dan Madinah, dua lokasi yang menjadi tempat turunnya Al Quran kita menjadi kota besar dunia yang banyak sekali dikunjungi, terutama kaum muslimin seluruh dunia.

"Jibril merupakan pemimpin malaikat dan Nabi Muhammad SAW merupakan penghulu para nabi. Dan semoga dengan kegiatan ini, UNP semakin menjadi berkembang besar dengan menghasilan intelektual-intelektual yang mulia. Insya Allah," katanya.

Untuk itu, Hendra berpesan, sebagaimana sebuah acara perlombaan, tentu ada aturan dan ketetapan dewan hakim/juri, sehingga kepada peserta hendaknya mengikuti MTQ nasional dengan baik dan penuh sportifitas.

"Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran berharga bagi mahasiswa dan penyelenggara, meski semua kegiatan dilakuan secara virtual atau online. Kegiatan yang baru pertama digelar UNP ini, direncanakan akan dilakukan setiap tahunnya," sambungnya

Ketua Panitia Pelaksana MTQ Nasional Mahasiswa, Dr.H. Ahmad Kosasih, menyampaikan, ada 200 mahasiswa yang ambil bagian dalam MTQ Nasional kali ini. Mereka berasal dari 12 perguruan tinggi bekas LPTK/IKIP dulunya, ditambah 4 STKIP yang ada di Sumbar.

Ada tiga kategori yang diperlombakan dalam MTQ Nasional Mahasiswa ini, yakni Tilawah Quran (pa/pi), Tartil Quran (pa/pi) dan Lombah Kutbah Jumat sekaligus Azan.

"Kepada pemenang akan diberikan trophy, piagam dan tabanas," ujarnya. (MR)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru