Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. Buka Seminar Nasional dan Pameran Hut Ke-57 Seni Rupa FBS UNP

PENDIDIKAN-161 hit

Padang-Universitas Negeri Padang (UNP) adalah salah satu institusi yang menjunjung tinggi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, juga memiliki perhatian sungguh-sungguh pada bidang seni dan desain.

Demikian disampaikan oleh Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. dalam sambutannya ketika membuka Seminar Nasional dan Pameran Nasional dalam rangka HUT Ke-57 Jurusan Seni Rupa FBS UNP yang diselenggarakan secara virtual pada Kamis (5/10).

Pada kesempatan itu, Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. mengucapkan terima kasih kepada narasumber Seminar Nasional Jurusan Seni Rupa yakni Prof. Sofyan Salam, MA, Ph.D (Universitas Negeri Makassar), Dr. Adirozal, M.Si (Bupati Kerinci / Alumni Seni Rupa FBS UNP), Prof. Dr. Yasraf Amir Piliang, MA (FSRD ITB Bandung).

Baca Juga


Lebih lanjut Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. menjelaskan bahwa perkembangan ilmu tidak akan seimbang jika tidak dibarengi dengan seni dan desain. Menurutnya, seni memberikan sentuhan keindahan pada ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga ia tidak kering manfaatnya untuk masyarakat, sedangkan desain menjadikan benda dan karya cipta memiliki fungsi dan manfaat.

"Hal ini dibuktikan dengan eksistensi Jurusan Seni Rupa selama 57 Tahun, sebuah rentang perjalanan panjang, bagi Jurusan Seni Rupa, yang telah berperan khususnya dalam membangun peradaban melalui pendidikan bangsa, dan ranah Tridarma Perguruan Tinggi, juga sebagai salah satu jurusan yang terpercaya dan spesifik dalam bidang Pendidikan seni dan desain," jelas Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Menurut Rektor Prof Ganefri, Ph.D. pada era teknologi masa kini, Pendidikan Seni Rupa memiliki peran yang mulia berbeda dari masa lalu yakni menyampaikan keterampilan dan nilai-nilai luhur dari generasi ke generasi berikutnya serta meneruskan khasanah budaya untuk mengubah karakter masyarakat.

Pameran dan Seminar Nasional Seni Rupa dan Desain yang bertema "Gerak dalam Diam" diusung dalam rangka perhelatan HUT ke-57 Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang sekaligus menjadi tema Pameran Nasional yang akan dilaksanakan dari tanggal 5 -- 9 November 2020 yang dapat diakses secara virtual.

Pada kesempatan itu, Ketua Jurusan Seni Rupa yang diwakili oleh Kaprodi Desain Komunikasi Visual Dr. Budiwirman, M.Pd., membaca sejarah ringkas Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Padang. (ET)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru