KPU Kota Payakumbuh Bekerjama Dengan PWI Kota Payakumbuh Sosialisasikan Pilgub Sumbar 2020

POLITIK-113 hit

PAYAKUMBUH -KPU kota Payakumbuh bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kota Payakumbuh mengadakan Sosialisasi. Dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar tahun 2020 di Aula Husni Kamil Manik lt 2 KPU setempat. 31 Oktober 2020.

Ketua KPU kota Payakumbuh, Haidi Mursal menyampaikan sosialisasi adalah memberikan informasi, dengan tujuan agar informasi itu disosialisasikan pula oleh wartawan pada masyarakat agar masyarakat termotifasi untuk memilih.

Selanjutnya Ketua KPU Payakumbuh mengharapkan partisipasi pemilih meningkat dari sebelumnya, pada tahun 2005 partisipasi pemilih 65,76 persen dan pada tahun 2010 partisipasi pemilih 55,74 persen sedangkan pada tahun 2015 partisipasi pemilih 51,52 persen.

Sedangkan Nara sumber Gabriel Daulaye menyampaikan agar para pemilih nantinya dalam melakukan pemilihan atau sewaktu datang ke TPS harus mulai dari rumah sudah bisa memakai masker, patuhi protokol kesehatan covid 19. Sebab penyebaran virus itu bukan saja di ruangan tertutup tapi bisa juga di tempat ruang terbuka, ujarnya.

Apabila protokol kesehatan diterapkan susuai aturan mulai dari penyelanggara pilkada atau petugas kpps, PPS dan pengawas serta masyarakat telah mentaati peraturan protokol kesehatan itu maka tidak ada ruang bagi virus Corona untuk menyebar. Tambahnya.

Sementara itu, ketua KPU Sumbar diwakili oleh ketua komisi SP3 KPU Sumbar Hary Effendi Iskandar menyampaikan peran jurnalis dalam menyukseskan pilkada sangat strategis. Sebab jurnalis sebagai sarana efektif komunikasi publik terutama dalam sosialisasi pilkada dan sebagai pengawasan terhadap penyelenggara pilkada serta mendorong kesadaran politik pemilih yang cerdas atau pendidikan politik, katanya.

Selanjutnya kata Hary sebagai pengawal informasi jurnalis bisa memberikan info yang strategis sampai ke masyarakat luas. Dari itu kerjasama KPU kota Payakumbuh dengan jurnalis, sangat tepat sekali terutama dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Semakin tinggi partisipasi masyarakat datang ke TPS untuk memilih, maka semakin tinggi pula kualitas kepala daerah yang dipilih. Ujarnya.

Saat yang sama ketua PWI kota Payakumbuh Yusrizal mengatakan dalam menyukseskan Pilkada tahun 2020 ini, sangat tepat KPU kota Payakumbuh bekerja sama dengan para insan pers yang bekerja di Payakumbuh ini. Karena pers itu sebagai sarana efektif dalam komunikasi publik terutama dalam sosialisasi Pilkada. Sebutnya.(Med)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru