Runtuhkan Gedung Tinggi, Turki dan Yunani Diguncang Gempa Kuat 7.0 SR

PERISTIWA-179 hit

ANKARA - Gempa bumi kuat mengguncang kawasan Laut Aegean dan terasa di hingga Nagara Yunani dan Turki. Beberapa gedung bahkan dilaporkan roboh akibat gempa ini di provinsi Izmir.

Seorang saksi mata sebagaimana dilansir kantor berita Reuters, menyebutkan, warga berhamburan keluar rumah dan memenuhi jalanan di Kota Izmir, Turki setelah gempa mengguncang dengan kekuatan 7,0 Skala Richter.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu dalam twitnya di akun Twitter pribadi menyebutkan, bahwa enam bangunan telah runtuh di dua distrik di Provinsi Izmir.

Dia mengatakan tidak ada laporan korban jiwa dari enam provinsi lain di mana gempa dirasakan tetapi mengatakan ada retakan kecil di beberapa bangunan.

Kepresidenan Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) menyebutkan kekuatan gempa 6,6, sedangkan Survei Geologi AS mengatakan itu adalah 7,0 SR.

"Gempa terjadi sekitar pukul 11.50 GMT dan dirasakan di sepanjang pantai Aegean Turki dan wilayah barat laut Marmara," papar media.

"Pusat gempa berada sekitar 17 km (11 mil) di lepas pantai provinsi Izmir, pada kedalaman 16 km," ungkap AFAD. Survei Geologi A.S. mengatakan kedalamannya 10 km dan pusat gempa berada 33,5 km di lepas pantai Turki.

"Penduduk pulau Samos di Yunani, yang memiliki populasi sekitar 45.000, diminta menjauh dari daerah pesisir, Eftyhmios Lekkas," ujar pernyataan organisasi Yunani untuk perencanaan anti-seismik, pada Skai TV Yunani.

"Itu adalah gempa yang sangat besar, sulit untuk memiliki gempa yang lebih besar," kata Lekkas.

Peringatan gelombang pasang tinggi diberlakukan di Samos.

Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya di mana gempa juga dirasakan, mengatakan tidak ada laporan negatif. (MR)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru