Erwin Ali Hadir Obati Kecemasan Warga Atas Meluapnya Batang Lawe Solsel

PERISTIWA-779 hit

PADANG ARO - Ditengah warga masyarakat takut, cemas dan berbaur menjadi sebuah kesedihan akibat bencana besar dan meluapnya sungai batang lawe Jumat (30/10/2020) sekitar pukul 18.20 WIB, membuat Erwin Ali bersama tim relawannya lansung meninjau lokasi dan memberikan bantuan.

Andi salah seorang relawan Paslon Bupati/Wakil Bupati Solsel ,Erwin Ali-Marwan Efendi di lokasi kejadian Jumat (30/10/2020), malam menjelaskan, pak Erwin Ali usai mendapat informasi bahwa ada bencana di Mudiak Lawe dan di Batang Lawe lansung meminta semua t relawan turun meninjau dan memberikan bantuan.

"Anggapan kami, kami saja yang akan turun kelokasi memberi pertolongan semampunya dan sekaligus menyalurkan bantuan, " kata Andi.

Tapi beliu (Erwin Ali-red) , malah ikut pergi dengan alasan, beliu lahirnya di Mudiak Lawe. Jadi sudah pasti disana banyak keluarga beliu. Selain itu, beliau juga merasa terpanggil untuk melihat dan membantu warga saat musibah itu, " tambah Andi.

" Kita harus cepat tanggap dan harus peduli sesuai kemampuan. Apalagi musibah ini di daerah kita. Mana tau kehadiran kita bisa menjadi penyejuk disaat duka, terang pak Erwin, " sebagaimana diungkapkan Andi.

Dilokasi kejadian, terlihat Erwin Ali yang didampingi putri semata wayangnya, Silfi dan beberapa orang tim relawannya berdialog dengan warga yang terkena musibah, dan lansung menyerahkan beras dan bantuan lainnya.

" Semoga musibah cepat berlalu, dan ini semua adalah kehendak Allah, maka kita semua harus sabar menghadapi cobaan ini," pinta Erwin Ali pada keluarga Yen warga Jorong Mudiak Lawe Timur Nagari Sako Utara Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu.

Dikesempatan itu, relawan Erwin Ali langsung menyerahkan bantuan pada keluarga Yen,yang kedainya terbawa arus sungai serta rumahnya yang juga hampir terban karena tetap digerus sungai batang lawe itu.

Hal sama juga diserahkan pada si Ad, yang beras beserta padinya juga terendam banjir. Terkahir pada keluarga si Nur.

Usai menjenguk korban banjir di Mudik Lawe, rombongan Erwin Ali meninjau korban banjir di Jorong Batang Lawe Timur Nagari Pasir Talang Barat.

Ditempat terpisah anggota BPBD Solsel Deki Febrio menjelaskan, saat ini meski amukan sungai batang lawe sudah reda. Namun kondisi dilapangan pemukiman warga, jalan umum di Jorong Mudiak Lawe Timur Nagari Sako Utara Pasir Talang dan pemukiman warga di Jorong Batang Lawe Timur Nagari Pasir Talang Barat terancam tergerus aliran sungai batang lawe.

Hal itu disebabkan oleh banyaknya playdam sungai yang sudah roboh. Bahkan beberapa titik lokasi sudah ada jalan kabupaten di Jorong Mudiak Lawe Timur yang terban terbawa arus sungai. Maka pihaknya sangat butuh kawat beronjong.

Dilokasi lain, pihak BPBD sebagaimana dikatakan Irda Hendri, " tim TRC BPBD malam ini berupaya melakukan penetralisiran aliran sungai di jembatan di Jorong Batang Lawe Timur Nagari Pasir Talang Barat, karena tersumbat oleh potongan pohon yang terbawa arus sungai batang lawe.

Kalau tidak segera dinetralisir akan kembali mengancam perumahan penduduk di sana seperti awal kejadian siap makrib yang sempat menghantam rumah yang berada persis di dekat jembatan batang lawe itu, " kata Irda Hendri.

Tidak itu saja, saat membesarkan sungai batang lawe itu, seluruh rumah penduduk, rumah ibadah, tempat praktek dokter dan rumah bidan desa di Jorong Batang Lawe Timur ini, sempat masuk air berlumpur serta potongan kayu.

Bahkan luapan air yang sangat pekat warnanya disertai potongan kayu tersebut sempat meluap ke badan jalan Nasional, sehingga beberapa rumah penduduk dan tempat usaha masyarakat juga terdampak air berlumpur itu, " terangnya.

" Besok pihak BPBD dengan instansi lainnya akan turun kelapangan untuk mendata secara pasti dampak bencana ini, " katanya.

Kejadian musibah bencana meluapnya aliran sungai batang lawe yang disertai lumpur dan potongan kayu itu, sempat membuat macet jalan nasional di Batang Lawe Nagari Pasir Talang Barat tersebut.

Hal ini kembali normal, setelah turunya Kapolsek Sungai Pagu AKP, Elfi Indra bersama anggota untuk mengatur lalu lintas, karena jalanan licin akibat sisa lumpur yang terbawa arus sungai dan banyaknya warga masyarakat yang ingin melihat kejadian. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru