Sembuh Lagi Dua Orang, Memutus Rantai Penyebaran Covid-19 di Sawahlunto Berjalan Baik

KESEHATAN-464 hit

SAWAHLUNTO - Berita sembuh kembali terjadi hari Senin (26/10/20) ini, setelah posko COVID-19 Kota Sawahlunto, Sumbar, merilis 2 warga yang sebelumnya terkonfirmasi positif mengalami kesembuhan berdasarkan hasil pemeriksaan sampel 2 x konfersi swab yang hasilnya negatif oleh Pusat Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Unand, Padang. Mereka yang sembuh adalah RP, di isolasi mandiri dirumahnya di Padang, sedangkan satu lagi berinisial LI warga Kel.Pasar, yang sebelumnya dirujuk ke RS.Ahmad Mukhtar Bukitinggi.

"Ya, Alhamdulillah ada peningkatan jumlah sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium biomedik Unand terhadap kedua pasien itu. Ini menunjukan upaya yang dilakukan Gugus Tugas COVID-19 bekerjasama dengan pihak otoritas kesehatan berjalan baik untuk memutus rantai penularan pandemi ini. Tetapi lonjakan bisa terjadi kapan saja jika masyarakat tidak patuh mengikuti prosedur protokol kesehatan." Ungkap Sekretaris Gugus Tugas Adri Yusman, saat dihubungi beritaminang.com di posko COVID-19, Gedung Healty Center , Sei Durian, Senin (26/10).

Adri Yusman melanjutkan, hari ini tim kembali melakukan tracking di dua tempat yakni di Kelurahan Aur Mulyo dan Kelurahan Saringan, terkait positifnya 2 warga di masing-masing kelurahan itu yang kemarin dinyatakan positif COVID-19. Untuk melacak kontak eratnya, sejumlah petugas diturunkan untuk menuntun temuanya agar di swab test hari ini juga.

Dari hasil tracking yang dilakukan di Kelurahan Saringan ada 9 warga termasuk istri dan anak korban pria positif berinisial YT, dan 11 orang lagi dari korban perempuan berinisial RS di Aur Mulyo yang langsung swab hari ini di pusat karantina Gedung Balai Diklat Tambang Bawah, Kelurahan Durian II Sawahlunto. Hasil swab akan diumumkan sekitar 3 hari kedepan. Dikemukakan Adri Yusman, rumah kedua terkonfirmasi positif itu sudah dilakukan penyemprotan disenfektan dirumah terkonfirmasi positif RS dan YT di Aur Mulyo dan Lubang Tembok.

Sementara itu, Mulya Cahyana,SKM, tim survelance yang juga anggota posko COVID-19 Sawahlunto merilis, ada 2 warga sembuh setelah menjalani karantina dibawah pengawasan dokter Dinas Kesehatan setempat. Secara kumulatif, jumlah yang sehat hingga hari ini tercatat sudah 141 orang, sedangkan total positif berjumlah 165 orang, dengan angka PPT brjumlah 3.684 orang dan sudah meninggal 3 orang.

Ditambahkan Sri Waresky Ismail,SKM, sebaran kasus COVID-19 berdasarkan jenis kelami sampai Oktober ini presentasenya mencapai 54 persen adalah perempuan, 46 persen pria.

Sedangkan berdasarkan umur 0-14 tahun presentasenya 22 persen, 15-29 tahun 27 persen, 30-44 tahun 24 persen, 45-59 tahun 13 persen, dan usia diatas 60 tahun berjumlah 14 persen. (Iyos)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru