Lakukan Swab Massal, Solsel Dinilai Terbaik dalam Penanganan Covid-19

KESEHATAN-742 hit

PADANG ARO - Dalam dua minggu terkahir ini Solsel dinilai terbaik dalam pengendalian covid-19. Hal ini dibuktikan hasil tasting ratte Solsel tertinggi di Sumbar, sedangkan postive rate Solsel terendah di Sumbar.

"rtinya dengan adanya pelaksanaan tes swab secara massal yang dilakukan baru-baru ini di daerah itu, menjadikan tingkat pengendalian lebih cepat diketahui. Muaranya sudah pasti akan lebih mudah untuk penanganannya, jelas Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar itu, Minggu (25/10/2020)

"Dengan pengambilan swab secara massal yang dilakukan oleh guru di daerah ini, telah menjadikan kita lebih mudah mengetahui penyebaran dan akan mudah untuk pendektesian orang yang terkonfirmasi, " tambah Jasman Rizal.

Bayangkan kalau tidak kita lakukan tes swab, orang yang terkena virus tersebut sudah pasti akan menyebarkannya pada orang lain. Karena ia sudah pasti akan pergi ke pasar, ke masjid dan bertemu dengan banyak orang lainnya.

Maka dengan adanya tes swab, kemudian hasilnya keluar, sudah pasti kita akan mudah pemutus mata rantai penyebarannya, "ungkap Jasman Rizal.

Hari ini dari hasil laporan Lab. Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fak. Kedokteran Unand Padang, tercatat sebanyak 20 orang warga Solsel yang terkonfirmasi positif covid-19.

Dari data sementara 161 sampel diperiksa, yang terkonfirmasi positif tercatat sebanyak 20 orang. Pada umumnya yang positif adalah OTG (orang tanpa gejala) dan merupakan hasil traking dari yang terkonfirmasi positif sebelumnya yang terbanyak, " jelas Jasman.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Solsel H. Novirman didampingi Kasi Surveilance Dinas Kesehatan Solsel, Mega Verta Christina, S. KM. M. Si, membenarkan bahwa pada hari ini (Minggu-red) ada penambahan terkonfirmasi positif-19, sebanyak 20 orang.

Adapun rincian sementara kasus terkonfirmasi positif covid-19, Minggu 25 oktober 2020, diantaranya dari Wilayah Kerja (Wilker) Puskesmas (Pusk) Pakan Rabaa ( 2 kasus) hasil tracking kontak erat kasus sebelumnya, ZT dan KQ.

Berikut rincian lainnya dari Wilkel Pusk. Muara Labuh, AP (Tenaga Kesehatan Puskesmas Muara Labuh), OM (SDN. 04 Bariang Rao-Rao). Sedangkan dari hasil tracking kontak erat kasus sebelumnya tercatat, YN, NU, dan satu keluarga antara lain, SY, NAPS, MRPS, SAPS, HBPS.

Masih dari hasil tracking kontak erat kasus sebelumnya Wilker Pusk. Pekan Selasa ada SR dan HDS, dan dari Pusk. Lubuk Gadang, ZD, ZRF, MSF, ASF

Hasil tes swab massal guru dari Wilker Pusk. Lubuk Gadang, tercatat yang terkonfirmasi positif covid-19, RMP (SDN 06 Durian Tarung), RI dan MH (pegawai Dinas Pendidikan Solsel), jelas Novirman.

Sementara itu Kasi Surveilance Dinas Kesehatan Solsel, Mega Verta Christina, saat ini masih ada 900-an hasil testing rate dari Solsel yang belum keluar. Sedangkan total testing rate hingga hari ini berjumlah 7525 sampel, dan total yang terkonfirmasi positif sebanyak 97 kasus.

Ditempat terpisah, Plt. Kadisdikpora Solsel, Novrizon, S. Pd. M. Si menjelaskan bahwa informasi yang diterimanya, kalau guru yang terkonfirmasi positif pada Minggu (25/10/2020), hanya 2 orang, kemudian di kantor dinas ada 2 orang juga.

Pada umumnya yang terkonfirmasi positif hari ini adalah keluarga dari guru dari hasil tracking positif covid-19 sebelumnya, sementara guru hanya dua orang. Hasil yang keluar hari ini adalah pengambilan swab Jumat (15/10/2020) lalu, " kata Novrizon.

Besok kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga akan tutup dulu, dan akan dilakukan penyemprotan disinfektan. Kemudian semua pegawai akan kita lakukan tes swab lagi semuanya tanpa kecuali. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru