Dies Natalis ke-66, Universitas Negeri Padang Menuju PTN Berbadan Hukum

PENDIDIKAN-272 hit

PADANG - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd.,Ph.D menegaskan, kunci keberhasilan sebuah perguruan tinggi terletak pada sumber daya, terutama dosen dan mahasiswa. Untuk itu, UNP akan memberikan prioritas utama bagaimana mendorong percepatan terhadap peningkatan kualifikasi jenjang akademik para dosen.

Penegasan ini dikatakan Prof. Ganefri, Jum'at (23/10/2020) saat berpidato dalam puncak perayaan Dies Natalis ke-66 yang dilaksanakan dalam rapat senat terbuka secara virtual di auditorium kampus utama jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Kota Padang.

Dilanjutkannya, untuk itu, lima tahun kedepan, dosen UNP seluruhnya harus bergelar doktor.

Baca Juga


"Karena salahsatu indikator keberhasilan sebuah perguruan tinggi itu dilihat dari persentase jumlah doktor di perguruan tinggi tersebut," ujar Ganefri.

Selain itu Ganefri juga menambahkan, saat ini UNP sedang dalam proses transformasi. Yaitu merubah diri menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH). Menurutnya, karena kebijakan pemerintah terkait kemerdekaan belajar kampus merdeka itu bisa di optimalkan kalau sudah PTN BH.

"Kalau kita sudah PTN BH, kita punya otonomi dalam pengelolaan akademi dan punya otonomi dalam pengelolaan keuangan. Dengan otonomi yang semakin luas, kami yakin akan banyak melahirkan inovasi baru terutama juga dalam pengembangan SDM," paparnya.

Ganefri juga tak lupa menyampaikan, momentum Dies Natalis UNP ke-66 ini juga merupakan sarana merefleksi diri terhadap pencapaian-pencapaian UNP dari tahun ke tahun dan tahun sebelumnya.

Acara Dies Natalis UNP ke - 66 tersebut juga diisi dengan orasi ilmiah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, Mohammad Mahfud MD secara virtual. Dalam orasi itu, Mahfud MD mengangkat tema "Tenaga Pendidik sebagai Agen Terdepan dalam Program Deradikalisasi dan Demokrasi".

"UNP merupakan salah satu lembaga pendidikan terbaik ditingkat nasional. Oleh sebab itu melalui momentum Dies Natalis yang ke-66 ini hendaknya dapat lebih ditingkatkan lagi dan semoga kedepannya UNP menjadi universitas yang dapat mencetak generasi yang unggul dan bermartabat," ungkapnya.

Sementara Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno melalui virtual juga mengucapkan selamat kepada UNP atas Dies Natalis yang ke-66.

"Semoga UNP tetap jaya dan mampu menjadi universitas yang berdaya saing dalam mencetak SDM yang unggul," sebut Irwan. (MR)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru