Pemkab Solok Upacara Virtual Hari Santri Bersama Menteri Agama RI

PEMERINTAHAN-1094 hit

Penulis: Siska | Editor: Marjeni Rokcalva

AROSUKA - Pemerintah Daerah Kabuten Solok mengikuti upacara dalam rangka memperingati hari santri Tahun 2020 secara Virtual bertempat Aula Kemenag Kamis (22/10/2020)

Dalam rangka memperingati hari santri tersebut tampak menghadiri Bupati Solok diwakili Asissten Ekbangkesra Medison. Kakan Kemenag Drs. H. Alizar, M. Ag. Kasubbag TU H. Fuadi Nawawi. Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. Sesmadewita. Para kepala seksi dan ASN kantor Kemenag Kab. Solok.

Pada kesempatan itu, Menteri Agama RI Fachrul Razi menyampaikan, kita patut bersyukur bahwa kalangan santri memiliki hari yang teramat istimewa, dimana tanggal 22 oktober telah ditetapkan oleh presiden joko Widodo menjadi hari santri melalui keputusan presiden nomor 22 tahun 2015 tentang hari santri.

Baca Juga


Lalu dijelaskannya, selain penetapan hari santri, santri dan pesantren juga telah memiliki undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren. Undang-undang ini memberikan Afirmasi, Rekognisi, dan Fasilitasi terhadap pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat

Kemudian, Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, Peringatan hari santri tahun ini secara khusus mengusung tema " santri sehat indonesia kuat". Isu kesehatan diangkat berdasarkan fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali indonesia saat ini tengah dilanda pandemi global corona virus disease 2019 ( covid 19 )

Selanjutnya, Bupati Solok diwakili Asisten Koordinator Ekbangkesra Medison mengapresiasi kegiatan Kementerian Agama dalam rangka hari santri yang telah turut peduli pada wabah yang menimpa bangsa ini. Dengan mengangkat tema hari Santri berkaitan dengan upaya pencegahan Covid-19, terlihat bahwa semua lini bangsa ini ikut berperan aktif mencegah pandemi termasuk Pondok Pesantren dan Kementerian Agama

Kemudian, Medison Menyebutkan Kabupaten Solok, jauh sebelum tema hari Santri ini, keberadaan pondok Pesantren telah ikut mewarnai pembangunan di kabupaten solok, khususnya melalui pendidikan yang dicetuskan dalam Sekolah Umum Berbasis Pesantren.

Medison Berharap semoga pendidikan pondok pesantern yang ada di Kabupaten Solok terus maju dan berkembang serta menjadi spirit pendidikan umum untuk bisa melahirkan generasi berakhlak mulia berkarakter islami sebagaimana para santri di pondok pesantren.

Kemenag Alizar pada kesempatan tersebut juga memberikan Apresiasi kepada bupati solok yang diwakili oleh Asissten Koordinator Ekbangkesra medison karena telah memberikan perhatian khusus kegiatan keagamaan dikabupaten solok khususnya di podok pesantren

Kegiatan upacara virtual ini bukan hanya di kantor kemenag kab solok tetapi juga diikuti oleh madrasah dan Kua di tempat masing masing karena ini merupakan bentuk pencegahan kerumunan agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus covid19, " ungkapnya.

Lalu dijelaskannya, Kabupaten solok merupakan kabupaten/kota satu-satunya di sumatera barat yang secara vulgar dan gamblang dalam menetapkan sekolah umum berbasis pesantren. (Siska)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru