Perjalanan ke Kampung Kapujan, Guna Buat Anak Yatim Piatu dan Dhuafa Tersenyum

PERISTIWA-256 hit

TIGO LURAH, SOLOK - Setelah menempuh perjalanan hampir memakaan waktu empat jam, tim Squad Until Jannah tiba di Kapujan. Kapujan merupakan sebuah Jorong yang berada di Nagari Rangkiang Luluih, Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok. Tim Squad Until Jannah (SUJ) berangkat dari Kubang Nan Duo Sirukam pukul 17.15 dan tiba di Kapujan pukul 21.00.

Hampir setengah perjalanan yang kami tempuh di bawah siraman hujan yang cukup deras. Dan juga setengah perjalanan dalam kegelapan malam di jalan kabupaten yang berada di tengah rimba Bukit Barisan.

Hanya dengan bermodalkan "tekad, semangat dan lillahi ta'ala" Tim Squaad Until Jannah melakukan perjalanan menerobos hujan dan pekatnya kegelapan malam untuk mengadakan kegiatan Sehari Bersama Anak Yatim/Piatu dan Dhuafa di Kapujan. Penerangan jalan hanya dari sepeda motor peserta tim dan bintang-gemintang di yang bertaburan di langit malam.

Baca Juga


Kedatangan tim Squad Until Jannah terlambat 3 jam dari yang dijadwalkan akan tiba pukul 6.00 WIB, menjelang magrib. Tapi karena tim belum tiba sampai shalat isya, anak-anak peserta program "Sehari Bersama Anak Yatim/Piatu dan Dhuafa" kembali pulang ke rumah mereka. Sehingga pelaksanaan program malam hari itu ditiadakan dan rencana anak-anak menginap bersama pun dibatalkan. Dan semua kegiatan program akan dipadatkan keesokan harinya dari pagi hingga sore hari.

Pagi hari sekitar jam setengah tujuh, beberapa anggota tim menjemput anak-anak peserta program ke rumah mereka masing-masing. Setelah semua anggota berkumpul, acara baru bisa dimulai. Anak-anak peserta program dijamu dengan sarapan pagi nasi goreng dan minuman hangat, susu dan koko crunch. Tak lupa juga buah-buahan segar. Setelah itu, Tim Squad Until Jannah men-cek bacaan qur'an nak-anak tersebut. Lalu men-cek hafalan surah-surah pendek peserta. Supaya acara lebih seru, diadakan juga beberapa permainan yang asyik buat mereka.

Peserta program juga melaksanakan shalat dhuha berjamaah. Anak-anak ini sepertinya belum memahami betul tentang shalat dhuha. Mereka saat belum mengetahui bagaimana pelaksanaan shalat dhuha. Ini terlihat dari kebingungan mereka saat mereka hendak praktek shalat dhuha berjamaah.

Menjelang siang anak-anak peserta program dibawa ke lapangan kecil di pinggir sungai. Mereka mengadakan acara mini outbond dan beberapa games seru. Seperti, lomba membawa balon, dimana dua peserta membawa balon dengan mengapitkan balon ke wajah mereka. Atau juga lomba menuangkan air dari gelas plastik yang ditempelkan ke kening peserta.

Karena semalam hujan turun dari sore hari, lapangan tersebut tidak hanya basah dan becek tetapi juga berlumpur, sehingga permaianan permainan outbond mereka menjadi lebih seru. Setelah acara mini outbond selesai anak-anak peserta program dan tim SUJ mandi bersama di sungai berbatu. Sebuah kebersamaan yang sangat indah bagi anak-anak dan kakak tim SUJ dari Solok.

Setelah semua peserta dan kakak-kakak SUJ selesai mandi dan berganti pakaian, anak-anak peserta program dijamu dengan acara makan-makan santai. Bukan cara makan siang tapi makan karupuak leak dan agar-agar di tepi sungai. Mereka menikmati hidangan karupuak leak dan agar-agar si pinggir sungai. Mereka makan bersama dengan suasana yang sangat cair, akrab antara peserta dengan kakak-kakak tim SUJ.

Acara berikutnya adalah shalat zhuhur berjamaah, lalu makan siang bersama. Suasanya sungguh akrab, apalagi ditingkahi kekocakan dua kakak SUJ, Kak Bintang dan Kak Andre. Acara terakhir adalah, kolase dan pembagian hadiah untuk anak-anak yatim dan dhuafa. Mereka diberikan hadiah untuk beberapa kategori penilaian. Mereka mendapatkan hadiah berupa peralatan tulis, makanan ringan dan juga uang saku untuk masing-masing peserta.

Program Sehari Bersama Anak Yatim dan Dhuafa ini selesai setelah pelaksanaan shalat ashar berjamaah. Tim SUJ pun bersiap-siap pulang lagi ke Solok. Jam 5 tepat mereka pun kembali ke Solok, menempuh perjalanan 3 jam plus 1 jam istirahat shalat magrib di lapau persinggahan. Jam 10 malam, tim SUJ tiba di rumah mereka masing-masing, alhamdulillah. (***)

Oleh : Fisra Riyanti

Editor: Fen

Sumber: Suhanews.co.id

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru