BREAKING NEWS: Selasa Pagi, 9 Warga di Solsel Dilaporkan Positif Covid-19

KESEHATAN-699 hit

PADANG ARO - Info sementara pagi ini hasil pemeriksaan lab terhadap sample Covid-19 Solok Selatan, Selasa 20 Oktober 2020 dilaporkan sebanyak 9 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Pjs. Bupati Solsel yang juga Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal menyampaikan, bahwa

hasil pemeriksaan spesimen yang dikirim oleh penanggungjawab Laboratorium Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc, dari 45 spesimen dari Solsel tercatat 9 orang terkonfirmasi positif.

Kepada jajaran Dinas Kesehatan Solsel, Jasman meminta untuk segera lakukan tracking menyeluruh kepada yang telah terinfeksi covid-19 tersebut.

Hal ini bertujuan untuk mengendalikan penyebaran covid-19. Semakin banyak testing dan semakin banyak diketahui, artinya semakin mudah mengendalikannya.

"Jangan cemas dan panik atas temuan ini. Dengan temuan ini, artinya kita bisa lakukan isolasi dan penaganan secara cepat. Bayangkan kalau tidak lakukan test PCR ini, mereka yang positif akan terus kemana-mana berinteraksi dengan warga lainnya dan berpotensi besar menginfeksi orang lain," jelas Jasman.

Jasman juga mengapresiasi adanya pelaksanaan test massal yang dilakukan di Solsel, sehingga ketahuan mana yang positif dan mana yang negatif dan itu membuat kita semakin aman.

Dia juga berharap, setelah guru-guru ini, akan dilakukan pula test swab kepada unsur-unsur lainnya, baik itu ASN, dan juga masyarakat.

"Semoga kita tetap sehat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Jaga jarak dan pakai masker, karena kita tidak tahu siapa diantara kita yang telah terinfeksi," tambahnya.

Dijelaskan Jasman Rizal, hampir 90 sampai dengan 95 persen, yang telah terinfeksi tersebut adalah Orang Tanpa Gejala (OTG). Nah, untuk mengetahuinya, satu-satunya jalan adalah dengan PCR test dengan SWAB.

Sementara itu Kadis Kesehatan Solsel, De. H. Novirman. S. KM. MM menjelaskan 9 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu, diantaranya 8 orang guru dan 1 orang pengawas sekolah.

Rinciannya adalah, sample dari Puskesmas Bidar Alam, Mr (SMAN 2 Solsel), NI, RA, (SMPN 6 Solsel), SA ( SDN 01 Padang Aia Dingin) dan NG (SMPN 28 Solsel),

Berikut sample dari Puskesmas Pakan Selasa, IY (SMPN 27 Solsel), HM (SDN 04 Ujung Jalan, dan sample dari Puskesmas Lubuk Gadang WK (SDN 29 Durian Tanjak), " jelas Novirman.

Ditambahkan Kasi Surveilance Dinas Kesehatan Solsel, Mega Verta Christina, S. KM. M. Si, pihak Puskesmas dengan tim surveilansnya segera melakukan tracing hari ini. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru