Pawai Alegoris, Sekretariat DPRD Sumbar Tampilkan Ornamen Parpol

PERISTIWA-503 hit

Penulis: MRA | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG - Sekretariat DPRD Sumatera Barat (Sumbar) ikut memeriahkan pawai alegoris dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Kegiatan ini diikuti 105 instansi dan Sekretariat DPRD Sumbar menampilkan maket Gedung dangan ornamen gambar partai politik (Parpol) pemenang pemilu 2019.

Kapala Bagian (Kabag) hubungan masyarakat (Humas) DPRD Sumbar Lazuardi mengatakan, sekretariat DPRD Sumbar tahun ini menampilkan bentuk gedung dan Parpol pemenang.

Baca Juga


"Tahun ini kita tampil beda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, DPRD mensosilisasikan bentuk gedung dan Parpol pemenang kepada masyarakat, sehingga masyarakat mengetahui gambaran tentang DPRD Provinsi Sumbar ," katanya.

Sebagai unsur pemerintah daerah, sebut Lazuardi, masyarakat mesti mengetahui Parpol yang menjadi bagian dari DPRD Provinsi. Mereka yang duduk adalah wakil dari masyarakat dan akan memperjuangkan aspirasi dalam mengakomodir kebutuhan daerah.

Menurutnya, mengisi kemerdekaan dengan hal positif merupakan salah satu upaya menjaga bangsa ini, sesuai amanah pendahulu.

"Saya dan staf merasa gembira bisa ikut acar ini, dimana hal ini merupakan salah satu rasa syukur terhadap anugrah kemerdekaan dari Allah dan rasa bangga terhadap pejuang bangsa," ulas Lazwardi.

Pawai alegoris ini dilepas oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di depan Kantor Gubernur, Minggu (18/8/2019).

Irwan Prayitno mengatakan, pawai alegoris dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 kemerdekaan RI ini sebagai salah satu upaya sosialisasi dan promosi pembangunan dan kebudayaan Sumbar kepada masyarakat.

Pawai Alegoris Kemerdekaan RI merupakan salah satu bentuk kegembiraan dalam memperingati kemerdekaan republik Indonesia. Semua masyarakat bisa merayakan kemerdekaan dengan menyaksikan pawai Alegoris.

Kegiatan ini bisa dimaknai sebagai meningkatkan wawasan kebangsaan kepada masyarakat sehingga peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI lebih bermakna bagi bangsa dan negara, untuk itu masyarakat bisa langsung menyaksikan langsung disini dan sebaiknya tidak hanya sekali setahun, tetapi bisa dilakukan pada kegiatan lainnya" ujar gubernur.

"Saya juga beri apresiasi bagi masyarakat yang ikut memeriahkan pawai. Kami harapkan pesan-pesan kemerdekaan sampai pada masyarakat dan generasi muda hingga kemudian dapat terdorong aktif membangun daerah," ucapnya.

Uniknya, setiap peserta pawai diwajibkan mengenakan pakaian tradisional Indonesia. Rekayasa lalu lintas akan dilakukan dengan menutup jalan menuju panggung utama (Jl.Sudirman) pada pukul 14.00 WIB dan rute pawai alegoris hingga selesai.

Defile anggota Paskibraka menjadi pembuka kegiatan pawai, kemudian diikuti marching band pilihan, pawai kendaraan Polri, TNI dan Satpol PP, pawai alegoris, pawai budaya dan pawai pembangunan.

Sementara pawai pembangunan menampilkan kendaraan hias dan melibatkan instansi pemerintah. Kendaraan hias yang ditampilkan bertemakan keberhasilan pembangunan yang dicapai Sumbar, mulai dari perkebunan, pertanian, peternakan dan hasil dari perikanan.

Ribuan warga memadati sepanjang jalan Sudirman untuk menyaksikan pawai alegoris. Pawai alegoris adalah salah satu rangkaian kegiatan Pemerintah Provinsi Sumbar dalam memeriahkan HUT RI tahun 2019 yang bertemakan Pembangunan dan Kebudayaan dengan melibatkan 105 instansi.

(MRA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru