Indra Gunawan, Merintis Budidaya Lebah Madu di Kampung Madu Pasa Kubang Sawahlunto

EKONOMI-384 hit

SAWAHLUNTO - Mengawali perjuangan dengan kesungguhan hati, dan mencoba sesuai kemampuan sendiri merupakan prinsip yang tertanam dalam jiwa seorang pria bernama Indra Gunawan alias Iwa. Dia tak membiasakan diri menyodorkan proposal tebal tapi usaha yang dirintis belum terlihat jelas.

Ditemui di ladang miliknya di Dusun Dalimo Gadang, Desa Pasa Kubang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Iwa membuktikan kemampuannya dalam merealisasikan mimpinya untuk mengembangkan budidaya lebah madu sebagai usaha pendongkrak laju pertumbuhan ekonomi disektor mikro yang episentrumnya berasal dari desa.

Meski usaha yang dibangunnya belum menampakan hasil keuntungan, tapi arah untuk dapat meraup benefit sudah ada hitung-hitungannya. Yang pasti, kata dia, walau dilakukan dengan modal investasi terbatas, persiapan memperoleh keuntungan dikemudian hari sudah ada dalam benaknya, yakni, bisa dari hasil produksi madu lebah bisa juga dari pengembangan destinasi wisata yang dibangun karena pusat peternakan lebahnya yang cukup luas akan disulap jadi kampung madu.

"Sekarang saya masih dalam tahap persiapan pengembangan sarana dan prasana pendukung seperti sarang atau kotak-kotak kayu yang nantinya akan diisi dengan bibit lebah madu unggul dan sudah dipesan khusus ke Jawa. Insya Allah, Desember tahun ini realisasi usaha madu akan terealisasi."ungkapnya.

Dikatakan pria yang juga saudagar pupuk dan bibit berbagai jenis tanaman pertanian ini, persiapan lain yang dilakukan adalah menata dan mengembangbiakan tanaman bunga sebagai sentra makanan bagi lebah, sehingga lebah tidak kekurangan makanan bermutu dari manisan bunga dan buah-buahan.

Pusat peternakan madu yang belum berproduksi dikelola Indra Gunawan saat ini sering mendapat kunjungan wisatawan lokal. Mereka hanya menikmati warna-warni dan harumnya bunga dari ketinggian pinggang bukit barisan.

"Jika semua sarang lebah sudah diisi bibit lebah madu unggul yang saya pesan, yakinlah kampung madu ini akan tambah ramai," tutur dia.(Iyos)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru