Ibu-Ibu Korong Olo Pariaman, Dapat Pelatihan Pengolahan VCO dari Jurusan Kimia UNP

PENDIDIKAN-163 hit

PADANG PARIAMAN -Sebanyak 11 dosen dan mahasiswa yang masuk dalam Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Kimia FMIPA UNP memberikan workshop (pelatihan) pengolahan buah kelapa menjadi VCO bagi ibu-ibu warga Korong Olo Bangau Nagari Ketaping Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar.

Menurut Ketua Tim Pengabdian Trisna Kumala Sari, M.Si, Ph.D, pelatihan ini dilakukan guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan ekonomi penduduk. Para ibu-ibu tersebut diberikan pengetahuan tentang VCO, manfaat dan bagaimana pengolahan buah kelapa menjadi VCO.

"Sehingga masyarakat dapat memproduksi sendiri minuman berkhasiat sebagai antivirus ini untuk konsumsi keluarga ini, bahkan lebih lanjtnya dapat dijadikan sebagai peluang usaha untuk meningkatkan taraf perekonomian.," katanya, Kamis (8/10/2020).

Untuk peserta, tambahnya, kami membatasi hanya berjumlah 15 orang dengan mempertimbangkan protokol kesehatan di kondisi pandemi ini. Peserta kegiatan difasilitasi dengan pemberian masker, hand sanitizaer dan faceshield.

"Selama pelaksanaan kegitan peserta dan tim tetap melaksanakan protokol pencegahan penularan covid 19 secara ketat dengan tetap memperhatikan physical distancing selama kegiatan," ujarnya.

Kegiatan telah dilakukan dilakukan sebanyak 2 kali terstruktur dan 2 kali kegiatan mandiri dengan mengambil tempat di Mesjid Istiqomah Korong Olo Bangau, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang pariaman. Kegiatan dimulai Senin, 5 oktober 2020. Polanya, Kegiatan telah dilakukan dilakukan sebanyak 2 kali terstruktur dan 2 kali kegiatan mandiri.

Sebelum melakukan praktek pembuatan VCO para peserta mendapat pembekalan ilmu tentang VCO dan manfaatnya.

"Salah satu manfaat VCO bagi kesehatan adalah menjaga kesehatan tubuh tidak mudah terpapar virus, apalagi saat ini sedang terjadi pandemic Covid-19" kata Dr. Indang Dewata, M.Si saat memberikan pelatihan.

Adapun Tim yang ikut melaksanakaan pengabdian terdiri dari dosen dan mahasiswa sebagai berikut. Trisna Kumala Sari, M.Si, Ph.D (Ketua), Dra. Syamsi Aini, M.Si, Ph.D, Dr. Indang Dewata, M.Si, Melindra Mulia, M.Si, Umar Kalmar Nizar, Ph.D, Edi Nasra, M.Si, Dr. Desy Kurniawati, M.Si, Silvi Veronita, S.Si, Reza Elvinda, Atikah Muthmainnah, dan Septian Budiman.

(MR)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru