Jurusan Kimia UNP Latih Ibu-Ibu PKK Pasie Nan Tigo Buat Minuman Anti Covid Alami

PENDIDIKAN-172 hit

PADANG -- Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Kimia FMIPA UNP yang diketuai Melindra Mulia, M.Si melakukan edukasi dan pelatihan pemanfaatan rempah bumbu dapur sebagai minuman anti virus dan booster imun keluarga bagi ibu-ibu PKK Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Padang.

Ketua Pangabdian Melindra Mulia, M.Si, Rabu (7/10/2020) menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Kelurahan Pasir Nan Tigo dalam pembuatan minuman rempah antivirus dan booster imun dari bumbu dapur untuk keluarga.

"Pada pelatihan ini produk yang dibuat adalah berbagai resep minuman herbal diantaranya, minuman rempah anticovid, minuman rempah ultimate, minuman rempah ultimate jahe, minuman rempah anti mucus serta minuman rempah anti flu," katanya.

Kegiatan ini menyasar masyarakat di Kelurahan Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang terdiri dari perwakilan ibu-ibu PKK yang tergabung dalam komunitas Pertapalah, yang berjumlah 14 orang.

"Peserta kegiatan dibatasi karena mengingat kondisi dalam masa pandemi covid-19. Diharapkan peserta yang telah mengikuti kegiatan dapat mentransfer pengetahuan dan keterampilan telah didapatkan kepada masyarakat sekitar lingkungan tempat tinggal masing-masing," sambungnya.

Pelatihan ini dilkukan di Ruang Pameran Produk Komunitas Pertapalah di Pasir Sabalah RT. 02 RW. 14 Benteng Tangah Kelurahan Pasir Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Padang dan sudah dilakukan sejak Minggu, 4 Oktober 2020 lalu. Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari (empat kali pertemuan ini) dibuka Ketua Komunitas Pertapalah Mulayati.

Dalam pelatihan ini, sambungnya, kepada ibu-ibu peserta juga dibekali ilmu tentang pola hidup sehat di masa pandemi, pengetahuan dasar rempah, pemanfaatan rempah dan ambang batas penggunaan yang aman bagi kesehatan.

"Peserta difasilitasi buku saku yang berisi berbagai resep minuman rempah beserta manfaatnya serta bahan baku yang akan digunakan untuk praktek terbimbing maupun praktek mandiri," katanya.

Sedangan dalam sesi praktek, para ibu-ibu PKK diajarkaan membuat produk minuman rempah anti covid, ultimate dan ultimate jahe. Semua kegiatan ini dipandu langsung Tim Pengabdian yang beranggotakan, Dra. Iryani, M.S, Fauzana Gazali, M.Pd, Drs. Iswendi, MS, Umar Kalmar Nizar, M. Si, Ph.D, Faizah Qurrataaini, M. Pd, Dra. Suryelita, M.Si, Fitri Yuranda, ST dan dibantu tiga mahasiswa (Yogi Syaputra, Annisa Syafira dan Sil Purnamasari). (MR)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru