Pjs Bupati Solsel Ajak Semua Elemen Sukseskan Pilkada

PEMERINTAHAN-226 hit

PADANG ARO - Penjabat Sementara Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal mengajak tungku tigo sajarangan dan tali tigo sapilin di Solok Selatan untuk ikut berpartisipasi mensukseskan pemilihan kepala daerah serentak tahun ini.

Ia mengatakan unsur-unsur adat di minang kabau itu, mempunyai peran besar untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam perhelatan lima tahunan ini.

Ia mengatakan, demokrasi itu rahmat bukan laknat, kalau anak kemenakan di solok selatan bertikai satu sama lain, berarti demokrasi itu menjadi laknat. Untuk itu ia juga meminta bantuan pemangku adat di solok selatan untuk ikut serta mendinginkan suasana politik di solok selatan.

"Mari kita ciptakan demokrasi yang rahmat dengan kita lakukan sosailisasi dengan sebaik-baiknya. Tidak perlu saling menjelekkan." Ungkapnya saat membuka acara sosialisasi peningkatan partisipasi jumlah pemilih pada pilkada serentak tahun 2020 di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati, Rabu (7/10/2020).

Ia mengungkapkan, saat ini situasi politik di solok selatan sudah mulai memanas, terlebih lagi di media sosial, masyarakat sudah mulai saling hujat, untuk mendinginkan kondisi tersebut, dikatakannya peran tungku tigo sajarangan dan tali tigo sapilin di solok selatan mempunyai peran besar.

"Masa depan kabupaten solok selatan terletak di tangan warga solok selatan sendiri, caranya bagaimana bersama--sama ke TPS menggunakan hak suara kita, menjaga terciptanya pemilu yang damai dan kondusif di solok selatan," tambahnya.

Ia kembali menegaskan, bahwa ASN, wali nagari dan aparatur nagari tidak boleh ikut berpolitik, kalau ada terindikasi dan terbukti, ia akan menindak sesuai dengan aturan berlaku. "Hari ini lagi proses satu orang ASN," ungkapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Bakesbangpol Solsel, Suwirman, S. Pd menyampaikan untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2020, diantaranya ada Pemda dan Penyelenggara Pemilihan yang memiliki peran penting.

"Pemda membantu Penyelenggara Pemilihan dalam menyediakan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), lalu menyediakan anggaran, membantu menjaga netralitas ASN, dan juga membantu meningkatkan partisipasi pemilih," jelas Suwirman.

Suwirman melanjutkan, "Peningkatan partisipasi pemilih yang Kita dalam hal ini Pemda dan Penyelenggara lakukan, menjadi poin penting atau kunci untuk menyukseskan Pilkada Serentak 2020,".

Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut, Ketua KPU, Nila Puspita, Dosen Unand, Syamsurizaldi. Dan diikuti oleh tokoh agama, tokoh adat, LKAAM, karang taruna, bundo kanduang se solok selatan. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru