Jurusan Kimia UNP Latih Guru Kimia Tanah Datar Membuat Media Pembelajaraan Berbasis IT

PENDIDIKAN-161 hit

BATUSANGKAR - Sebanyak 30 guru-guru MGMP Kimia Kabupaten Tanah Datar, Sumbar mendapat pelatihan membuat media pembelajaran berbasis IT seperti e- modul dan video presentasi dengan menggunakan camtasia, zoom, dan screencast o'matic untuk beberapa materi kimia SMA. Output dari kegiatan ini, diharapkan nantinya masing-masing guru mampu menyelesaikan e- modul untuk topik yang akan diajarkan pada semesetr depan.

Demilkian dikatakan Ketua Panitia Pengabdian Jurusan Kimia FMIP UNP, Dr. Hardeli, M.Si, Rabu (7/10/2020).

Disebutkan Hardeli, karena pandemi covid 19, kegiatan direncanakan sebanyak 6 kali, 2x offline dan 4 x online. Untuk kegiatan offline peserta dibatasi maksimal 20 orang, dan difasilitasi dengan faceshield dan masker dari tim pelaksana.

"Selama pelaksanaan kegitan peserta dan tim tetap melaksanakan protokol pencegahan penularan covid 19 secara ketat dengan tetap memperhatikan physical distancing, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, tidak makan dan minum bersama selama kegiatan," tegas Hardeli.

Pembukaan kegiatan sudah berlangsung Kamis, 1 Oktober 2020 lalu. Pembukaan kegiatan dilakukan Ketua Pelaksana Dr. Hardeli, M.Si secara online via aplikasi daring zoom meeting. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dr. Yrimadesi,S.Pd, M.Si, Margarita Claudiya Maeda, S.Pd, M,Si dan Guspatni, S.Pd , M.A, Fauzana Gazali, S.Pd, M.Pd dan dilanjutkan dengan diskusi serta Tanya jawab dengan peserta.

"Sesi pertama ini, para peserta sangat antusias mengajukan berbagai pertanyaan, terutama terkait e modul," ujar Hardeli.

Dalam pelatihan ini, tambah Hardeli, peserta akan diajarkan menggunakan aplikasi software untuk membuat e-modul bernama kvisot flipbook maker dan camtasia dan mengenal fitur e modul.

"Juga diberikan praktek penelusuran literatur dan gambar untuk e modul, praktek pembuatan draft e modul dalam format microsoft word. Kemudiaan dilakukanworkshop pembuatan video pembelajaran dan workshop editing video pembelajaran," sambungnya.

Khusus pertemuan secara offline dilakukan di SMAN 3 Batusangkar. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 27 Oktober 2020 mendatang. (MR)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru