4 Warga Kota Sawahlunto Positif Covid-19 Jumat

KESEHATAN-238 hit

SAWAHLUNTO - Upaya pemerintah melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk meredam penularan wabah pandemi corona virus masih belum berhenti, dalam beberapa hari ini, kasus demi kasus terus mewarnai angka penularan yang makin masif. Hari ini saja, masih menambah 4 orang lagi terkonfirmasi positif.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Yasril,SKM,MM dihubungi daring beritaminang.com, Jumat (2/10) mengatakan, ke 4 warga terpapar ini berasal dari transmisi lokal atau penularan nya sudah bersifat lokal bukan lagi muncul karena kasus impor atau berasal dari luar ( Imported case ).

Meski demikian, katanya, upaya Tim Gugus Tugas COVID-19 terus melakukan sosialisasi standar protokol kesehatan dan terkait Perda Adabtadi Kebiasaan Baru (AKB) yang akan diterapkan dalam waktu dekat. Selain itu, lanjut dia, adanya warga yang berkeliaran pasca swab yang tidak melakukan isolasi baik dirumah maupun pusat isolasi di BDTBT tidak dibenarkan untuk melakukan perjalanan keluar rumah sebelum hasil swabnya dikeluarkan pihak laboratorium biomedik Fakultas Kedokteran Unand Padang.

"Kami selalu meemberitahukan seluruh masyarakat yang sudah diswab PCR namun hasilnya belum dikeluarkan pihak kompeten laboratorium Fakultas Kedokteran Unand supaya mengisolasi diri secara mandiri di rumah masing-masing. Kenyataannya berbeda, namun patut dipahami kelemahannya kesadaran masyarakat itu yang kurang," ungkap Yasril.

Ditambahkan Yasril Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) tersebut sudah disetujui Kemendagri dengan registrasi 6-124/2020 dan tidak ada turunannya, tinggal pelaksanaan dan penindakan dilapangan. Warga diingatkan untuk mematuhi regulasi itu. Jika ada yang tidak mematuhi atau melanggar akan terkena penerapan saksi sesuai pasal-pasal yang ada.

Laporan Posko Hari Ini

Sementara itu, Anggota Posko COVID-19 Sri Waresky Ismal dan Ana Mulya Cahya dalam rilis terkini 2 Oktober 2020 menyebutkan, hari ini tidak ada PPT dan warga yang suspek. Namun terdapat tambahan 4 positif, serta 2 dinyatakan sembuh.

Secara kumulatif, data total PPT berjumlah 3684 orang, suspek 5 orang dan 124 orang dinyatakan positif COVID-19 hingga kini 1 orang diantaranya di isolasi RS Ahmad Mukhtar Bukittingi, 1 orang di RS Semen Padang, 3 orang di RS M.Jamil Padang, 1 orang diisolasi di RSUD Sawahlunto, 1 orang diisolasi di SPN Padang Besi, 23 orang lainnya di BDTBT Sei Durian, serta 2 orang diisolasi mandiri di rumah. Dari jumlah total kumulatif yang positif itu, 92 orang telah dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal. (iyos)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru