PDAM Solok Selatan Luncurkan Sistem Kemitraan Berbasis Online

PEMERINTAHAN-420 hit

PADANG ARO - Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Saribu Sungai Kabupaten Solok Selatan (Solsel) mulai menerapkan sistem berbasis online diseluruh lini operasionalnya, salah satunya sistem pembayaran melalui program kemitraan.

"Kami sudah mulai mengembangkan sistem berbasis online ini sejak Januari 2020, dan saat ini sudah mendekati 100 persen. Pada kesempatan ini kami memperkenalkan sistem pembayaran dengan sistem kemitraan kepada masyarakat," ujar Direktur PDAM Solsel, Ridwan di Pasir Talang, Kamis (1/10).

Dijelaskannya, dengan sistem kemitraan online yang diluncurkan saat ini PDAM Solok Selatan mengajak masyarakat untuk bergabung agar bisa menerima pembayaran dari pelanggan.

"Dengan semakin banyaknya mitra yang bergabung maka akan semakin memudahkan pelanggan untuk membayar tagihannya, dan mitra juga akan mendapatkan keuntungan dari fee pembayaran," tambahnya.

Dituturkan juga oleh Ridwan, PDAM Solsel sudah mengembangkan aplikasi berbasis online tersebut mulai dari sistem kepegawaian, keuangan, gudang, dan pencatatan meter.

"Kedepannya kami juga akan bekerjasama dengan perbankan agar pelanggan bisa membayar melalui aplikasi mobile banking ataupun internet banking," tukasnya.

Saat ini PDAM Solok Selatan memiliki lebih dari 13rb pelanggan yang tesebar mulai dari kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) hingga Sangir Batang Hari (SBH).

PDAM Solsel terbagi menjadi 3 unit. Unit 1 dan 2 membawahi KPGD, Sungai Pagu dan Pauh Duo. Unit 3 membawahi Sangir dan SBH. Sedangkan jumlah mitra yang sudah ada untuk tempat pembayaran rekening air saat ini tercatat sebanyak 23 mitra.

Dilakukamnya sistem pembayaran rekening air melalui kemitraan ini dalam rangka pencapaian pembayaran sebesar 90% dari seluruh jumlah tagihan pelanggan.

PDAM Solsel yang juga telah menerapkan pencatatan meter dan penagihan secara online tentu akan meningkatkan pendapatan perusahaan, serta perbaikan berbagai layanan, " tetang Ridwan.

Sedangkan semakin banyaknya mitra pembayaran maka akan semakin cepat pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan. Maka akan menurunkan rasio pelanggan yang tidak tertagih.

"Kedepan kita berharap PDAM bisa melakukan percepatan perbaikan pada jaringan dan sumber dengan telah memadainya keuangan perusahaan, demikian Ridwan. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru