Kakanwil Kementerian Agama Prov Sumbar Resmikan Berbagai Kegiatan di Solok Selatan

PEMERINTAHAN-245 hit

PADANG ARO - Kunjungan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumbar diwakili Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), H. Joben. S. Ag. M. A, resmikan berbagai kegiatan di Kabupaten Solok Selatan, Rabu (30/9/2020)

Kedatangan H. Joben dan rombongan disambut Bupati Solsel diwakili Plh. Sekdakab. Solok Selatan. Dr. H. Fidel Efendi, Kakan Kemenag Solsel. H. Syamsuir. S. Ag. M. Si, Kapolres Solsel AKBP. Tedy Purnanto, Plt. Kadisdikpora Solsel, Novrizon, Pemimpin Bank Nagari Padang Aro, Zulfahmi dan Pimpinan Cabang Pembantu BRI Padang Aro, Agus Suryawan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kab. Solsel, H. Syamsuir. S. Ag. M. Si didampingi Kasubag. TU. Fitriyoni. SH. MH mengatakan, kedatangan Kabid PHU ke Solok Selatan, Rabu (30/9/2020) melakukan serangkaian kegiatan. Diantaranya peresmian Launching Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun Kementerian Agama Kabupaten Solok Selatan di aula Quwwatul Ummah.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-kanwil-kemenag-sumbar-launching-manasih-haji-sepanjang-tahun-di_foto1_011020114512.jpeg

Kabid. PHU. Kanwil Kemenag Sumbar, H. Joben. S. Ag. MA saat lauching Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun Kemenag Solok Selatan di aula Quwwatul Ummah, Rabu (30/9).

Berikut peresmian MAN 2 Solsel di Lubug Gadang menjadi MA Plus Keterampilan dengan unggulan bidang Pengolahan Hasil Pertanian dan Multi Mesia Editting Vidio. Serta MAN 1 Solsel di Muara Labuh jadi MA Plus Keterampilan dengan unggulan bidang Tata Kecantikan Kulit dan Rambut serta bidang Multi Media.

Selanjutnya dalam rangka memasuki era kontenporer bidang literasi, Kemenag Solsel juga meresmikan Pojok Literasi dalam rangka menggiatkan budaya literat guna mewujudkan rasa nyaman dan gemar membaca.

Akhir dari satu hari penuh kunjungan Kabid PHU, Joben ke Solsel juga meresmikan Launching Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) PT. Marba Wisata Cabang Sumatera Barat dan Peresmian Kantor Holiday Bumi Alam Surambi di Koto Baru Muara Labuh," kata Syamsuir.

"Kita apresiasi kunjungan Kanwil Kemenag yang diwakili Kabid PHU ini dengan harapan akan adanya dukungan berbagai kebijakan maupun bantuan pembangunan untuk kemaslahatan umat di kabupaten ini, " ungkapnya.

Artinya, dari berbagai kegiatan di Solsel, diharapkan pihak Kakanwil Kemenag Sumbar dapat juga mengevaluasi berbagai capaian kerja jajaran Kemenag Solsel. Selain itu, juga diharapkan adanya dukungan pembangunan," harap Syamsuir.

Ditambahkan Kasubag. TU Kemenag Solsel, Fitri Yoni, SH. MH, pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan sertifikat tanah Madrasah dari Kepala MTs. Swasta Nurul Falah, Drs. Darneli kepada Kanwil Kemenag Sumbar melalui Kabid PHU, Joben. Selanjutnya penyerahan SK Izin Operasional Pondok Pesantren dari Kabid. PHU, Joben kepada Pimpinam Ponpes Muhammad Al-Fatih, Ondra Aiko, S. Hi.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-kepala-madrasah-serahkan-sertifikan-lahan-sekolah-ke-kanwil_foto2_011020114512.jpeg

Salah seorang Kepala Madrasah di Solsel, Drs. Darneli serah sertifikat lahan madrasah kepada Kanwil Kemenag Sumbar melalui Kabid PHU, Joben, di saksikan Plh. Sekdakab. Solsel. Fidel Efendi dan Kemenag Solsel. Syamsuir.

Selanjutnya, penyerahan bantuan Daring Ponpes dari Kemenag dilakukan oleh Plh. Sekdakab. Solsel. Dr. H. Fidel Efendi kepada Pimpiman Pospes Bustanul Huda, Syarkawi, S. Pdi. Serta penyerahan bantuan BOP MDTA Kemenag oleh Kakan Kemenag Solsel, H. Syamsuir, S. Ag. M. Si kepada Pimpinan MDTA At Taqwa, Bustami, " terang Fitriyoni.

Selain itu ada juga penyerahan penghargaan pada Kepala MTs. Negeri 1 Solsel, Hamdi, S. Ag. MA, oleh Kabid PHU, H. Joben karena salah satu Satuan Kerja (Satker) yang responsif ke Unit Pelayanan Zakat (UPZ) Kanmenag Solsel.

Tercatat juga pemberian penghargaan kepada Plt. Kepala Dinas Pendidikan Solsel, Novrizon, M. Si atas kepedulian pada guru PAI dalam bentuk pengalokasian dana bantuan pendidikan profesi guru dari Kemenag, yang menyerahkannya dilakukan oleh Kapolres Solsel, AKBP, Tedy Purnanto, " tambah Fitriyoni

Sedangkan Kepala Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sangir Jujuan, Zukrinedi. S. Ag juga diganjar penghargaan karena dinilai sebagai KUA tercepat dalam penyampaian laporan BOP KUA. Sedangkan KUA Sungai Pagu, Hafis Aulia Rahman juga memperoleh penghargaan sebagai KUA yang tertinggi dalam realisasi penyerapan anggaran BOP KUA.

Penghargaan untuk Zukrinedi diserahkan oleh Plt. Kadisdikpora Solsel, Novrizon, dan untuk KUA Sungai Pagu, Hafis Aulia Rahman diserahkan oleh Pimpinan Cabang Pembantu BRI Padang Aro, Agus Suryawan," demikian Fitriyoni.

Sementara itu Kasi PHU Kemenag Solsel, Syaiful Anwar menjelaskan, bahwa kegiatan Lounching Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun Kementerian Agama Kabupaten Solok Selatan akan bernilai positif bagi Calon Jemaah Haji (CJH) itu sendiri.

Pasalnya, kegiatan ini akan bermuara terwujudnya CJH yang mandiri dalam melaksanakan ibadah haji ke tanah suci nantinya. Sehingga mereka tidak akan tergantung lagi pada pembimbing haji saat melaksanakan serangkaian ibadah haji, " kata Syaiful Anwar.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-sk-ma-plus-diserahkan-kepada-kepala-man-2_foto3_011020114512.jpeg

Kabid. PHU. Kanwil Kemenag Sumbar. H. Joben serahkan SK MA Plus Keterampilan kepada Kepala MAN 2 Solsel, Amri. J disaksikan Kakan Kemenag Solsel, Syamsuir, Kasubag TU. Fitriyoni di madrasah setempat.

Ditambahkannya, kedepan pihak akan melakukan koordinasi lebih inten lagi dengan pihak Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) dalam rangka percepatan registrasi usulan daftar peserta CJH.

" Selama ini, sudah banyak juga masyarakat kita yang sudah menstorkan uangnya untuk pergi haji ke Bank, namun mereka belum mendaftar ke kami. Sehingga pengregistrasian sebagai calon terdaftar untuk berangkat haji belum bisa kami lakukan, sebelum mereka datang lansung melaporkan," tambah Syaiful.

Sementara itu, terkait dengan masih belum terpenuhinya kuota haji Solok Selatan 200 orang setiap musim haji, menurut Syaiful hal itu disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya pemahaman dari masyarakat terkait dengan prosedur untuk berhaji itu masih belum optimal.

Kedepan, tentu hal ini akan kita lakukan berbagai upaya agar termotivasinya masyarakat untuk berhaji. Salah satunya dengan adanya Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun, hendaknya menjadi salah satu sarana untuk menggalakan haji di daerah ini, " tambah Syaiful.

Bahkan dengan diresmikannya PT. Marba Wisata Cabang Sumatera Barat di Muara Labuh sebagai satu-satunya Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang memiliki izin resmi dari Kementerian Agama akan juga menjadi pendorong masyarakat daerah ini dalam melaksanakan ibadah haji ke tanah suci, " pungkasnya.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-foto-bersama-usai-launching-ma-plus-di-man-1_foto4_011020114513.jpeg

Foto bersama usai launching MA Plus Keterampilan di MAN 1 Solsel, Kabid. PHU, H. Joben, Kakan Kemenag. H. Syamsuir, forkopimcam Sungai Pagu, jajaran Kemenag Solsel, Kepsek MAN 1. Zulkifli, S. Ag dan Komite MAN 1, di madrasah setempat di Koto Baru Muara Labuh.

Ditempat terpisah, Kasi Pendidikan Islam (Pendis), H. Mahadolok. R. S. Ag. MM memaparkan pula, tentang diresmikannya dua Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Solsel ( MAN 1 dan MAN 2 Solsel-red) menjadi Madrasah Aliyah Plus Keterampilan merupakan keinginan Pemerintah untuk membekali kecakapan hidup (life skull) para lulusan madrasah, agar siap memasuki dunia kerja.

" Pasalnya Madrasah keterampilan merupakan prototipe madrasah aliyah yang mengembangkan keunggulan kompetitif di bidang keterampilan atau kejuruan atau kecakapan hidup," ungkapnya.

Sedangkan Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumbar, H. Joben mengatakan, pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun ini adalah bagian dari bentuk upaya jajaran Kementerian Agama secara Nasional untuk mewujudkan kemandirian calon jemaah haji dalam melaksanakan serangkaian ibadah haji

Jadi untuk mewujudkan kemandirian itu pula maka dicetuskan inovasi baru, yaitu kegiatan manasik sepanjang tahun. Agar lebih semarak, setiap kabupaten/kota diadakan launchinh," kata Joben.

Terkait dengan dua MA Plus Keterampilan yang diresmikan di Solsel, H. Joben menjelaskan, madrasah ini terpilih karena dianggap mampu dan punya kapasitas menyelenggarakan pendidikan vokasi

"Ini menjadi penting dalam upaya meningkatkan mutu, daya saing dan relevansi pendidikan madrasah dengan dunia kerja, maka perlu diselenggarakan pendidikan vokasi," katanya.

Ia juga menyatakan madrasah keterampilan ini merupakan ikhtiar pemerintah untuk membekali kecakapan hidup (life skill) para lulusan madrasah agar siap memasuki dunia kerja.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-foto-bersama-usai-launching-penyelenggara-ppiu-pt-marba-wisata_foto5_011020114513.jpeg

Foto bersama usai launching Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) PT. Marba Wisata Cabang Sumatera Barat di Koto Baru Muara Labuh.

Sedangkan saat meresmikan PT. Marba Wisata Cabang Sumatera Barat di Muara Labuh sebagai satu-satunya Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang memiliki izin resmi dari Kementerian Agama, H. Joben juga mengharapkan terpenuhinya kuota haji Kabupaten Solok Selatan sekitar 200 orang.

Hal ini sangat perlu dukungan dan keterlibatan berbagai pihak dalam mensosialisasikannya keberbagai lapisan masyarakat.

"Karena masyarakat banyak yang mampu dan ingin pergi haji, akan tetapi akibat kurang mengetahui prosedur keberangkatan yang diatur secara sistematis, maka masyarakat tidak termotivasi untuk beribadah haji, " demikian Joben. Adv/AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru