Kakanwil Kemenag Sumbar Launching Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun di Solsel

PEMERINTAHAN-224 hit

Padang Aro - Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Sumbar, H. Joben. S. Ag. melakukan Launching Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun yang digelar oleh Kementerian Agama Kabupaten Solok Selatan di aula Quwwatul Ummah, Rabu (30/9/2020)

Launching Bimbingan Manasik yang bertemakan " Mewujudkam Jamaah Haji Yang Mandiri dan Makbur" itu turut dihadiri Bupati Solsel diwakili Plh. Sekdakab. Solsel. Dr. H. Fidel Efendi, Kapolres Solsel. AKBP. Tedy Purnanto, Plt. Kadisdikpora Solsel, Novrizon, Pemimpin Bank Nagari Padang Aro dan Kepala Cabang BRI Padang Aro

Sementara dari jajaran Kemenag Solsel hadir Kakan Kemenag, H. Syamsuir. S. Ag. MSi, Kasubag. TU, Fitriyoni,SH.MH, Kasi PHU, H. Syaiful Anwar, Kasi Pendis, H. Mahadolok. R. S. Ag. MM, Kasi Bimas, H. Erman, S. Ag, MM, Penyelenggara, Zakat dan Wakaf , Syafra Haradi, S. Ag. MM. Selain itu juga hadir seluruh kepala KUA, Madrasah se-Solsel dan para calon jemaah haji Solsel.

Pemerintah Kabupaten Solsel sebagaimana dikatakan Fidel Efendi menyambut baik Lounching Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun oleh Kemenag Solsel. Kedepan tentu akan berdampak akan semangkin mandirinya jemaah haji dalam menunaikan ibadah haji.

Fidel Efendi juga meminta dukungan pada pengelolah haji, baik yang ada di Solsel maupun di Provinsi, terkait kuota jemaah haji Solsel yang masih sedikit setiap tahunnya.

Dikesempatan itu, Fidel Efendi juga menjelaskan berbagai program yang sedang dilakukan Pemerintah terkait wabah covid-19 yang harus mendapat dukungan dari jajaran Kemenag Solsel.

Sementara itu, Kepala Kemenag Solsel, H. Syamsuir, S. Ag. M. Si menyampaikan berbagai program kementerian agama yang masih sangat butuh kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak.

"Salah satu dukungan yang dibutuhkan adalah terwujudkan program bimbingan haji setiap tahun di Solsel, akan berdampak meningkatkan jumlah calon jemaah haji dikabupaten berjuluk Nagari Saribu Rumah Gadang ini, " harap Syamsuir.

Syamsuir menjelaskan, calon jemaah haji Solsel tahun ini tercatat sebanyak 25 orang yang akan diberangkatkan pada tahun 2021. Pada tahun 2019 lalu, jumlah Jemaah Haji Solsel sebanyak 48 orang.

Sementara itu Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumbar, H. Joben mengatakan, pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun ini adalah bagian dari bentuk upaya jajaran Kementerian Agama secara Nasional untuk mewujudkan kemandirian calon jemaah haji dalam melaksanakan serangkaian ibadah haji.

"Tercatat masih ada para calon jemaah haji yang belum sempurna melaksanakan serangakaian ibadah haji. Sehingga masih ada jemaah haji disaat melaksanakan ibadah haji tergantung dengan orang lain," tambah Joben.

Pemerintah menganggap hal itu belum maksimal, maka perlu ditambah lagi jumlah manasiknya. Jadi untuk mewujudkan kemandirian itu pula maka dicetuskan inovasi baru, yaitu kegiatan manasik sepanjang tahun. Agar lebih semarak, setiap kabupaten/kota diadakan launching.

Sisi penting dari pelaksanaan Bimbingan Haji Setiap Tahun ini adalah untuk menjadikan para calon jemaah haji lebih mandiri, dan khusuk menunaikan ibadah haji di mekah nantinya," harapnya.

Menurut Joben, terkait kuota haji Solsel yang masih sedikit setiap tahunnya, hal itu disebabkan masih belum tersentuhnya masyarakat terkait penyelenggaraan haji.

Kedepan hal ini perlu menjadi apresiasi oleh berbagai pihak. Baik jajaran Kementerian Agama, Pemerintah Daerah maupun berbagai pihak lainnya. sehingga Solsel yang mempunyai kuota haji sebanyak 200 sesuai jumlah penduduk Islam yang ada di Solsel akan dapat terpenuhi setiap musim haji.

Akhir dari kegiatan itu dilakukan pembukaan papan selubung, launching Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun, Kemenag Kabupaten Solok Selatan oleh Kabid PHU. H. Joben didampingi undangan lainnya. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru