Pokmawas Tebar Ribuan Bibit Ikan di Tapian Datar Kolok Nan Tuo, Wako Deri Asta Berikan Apresiasi

PERISTIWA-123 hit

SAWAHLUNTO - Walikota Sawahlunto Deri Asta mengapresiasi gerakan masyarakat membentuk Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmawas) Tepian Datar, sebagai upaya menyelamatkan lingkungan dan spesies ikan di bantaran Sungai Malakutan, Desa Kolok Nan Tuo, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto Sumbar, dua hari lalu (25/9).

Disamping pembentukan Pokmawas, komunitas ini juga melakukan penyemaian 1500 bibit ikan dari yang direncanakan sebanyak 5000 ekor, disebar langsung bersama Wako Deri Asta. Hal itu bertujuan untuk melindungi ekositem lingkungan yang terancam punah disepanjang Batang Malakutan yang membelah desa setempat.

Dikutip dari pemberitaan Humas Pemko Sawahlunto, kegiatan yang dilakukan Kelompok masyarakat itu berawal dari keprihatinan terancam punahnya ekosistem ikan, sekaligus mencegah kegiatan-kegiatan yang mengancam rusaknya lingkungan sungai Batang Malakutan, khususnya yang berada di Dusun Pulai dan Dusun Sumbayang.

Menurut Wako Deri Asta sebagaimana disampaikan Humas, keberadaan Pokmawas Tepian Datar ini dapat menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem spesies ikan air tawar yang ada didalam sungai tersebut. Selain dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat khususnya Pokmawas, disamping berkontribusi bagi kesehatan masyarakat dalam emngkonsumsi ikan agar bisa hidup sehat.

"Selain sebagai upaya pelestarian ekositem lingkungan dan bantaran sungai Malakutan, kegiatan ini sangat bernilai ekonomis bagi masyarakat setempat khususnya anggota Pokmawas. Selain juga menjadi pendukung gerakan makan ikan biar tubuh sehat ditengah pandemi COVID-19 saat ini." Kata Kabag Humas Wiza Andrita, menirukan ungkapan apresiasi Wako Deri Asta.(iyos)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru