Sabtu Ini, Bertambah 4 Warga Kota Sawahlunto Positif Covid-19

KESEHATAN-1635 hit

SAWAHLUNTO - Penularan COVID-19 masih saja terjadi, hari ini, Sabtu (26/9/2020), Sawahlunto kembali menambah 4 kasus baru ditengah banyaknya pasien sembuh. Dengan tambahan itu, secara kumulatif, sudah 105 warga SawahLunto yang terpapar corona virus. "Ya Allah, kapan virus menakutkan ini lenyap dari muka bumi." Ucap seorang ibu bernama F.Kristina.

Penambahan 4 kasus terbaru hari ini tersebut semakin meyakinkan, siapapun dia tak akan pernah kebal dari serangan COVID-19. Namun demikian, sejauh warga menyadari akan bahaya virus ini bisa dihadapi dengan cara patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk memutus rantai penularannya, maka dia selamat.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Adri Yusman, saat dikonfirmasi beritaminang.com melalui fasilitas daring telekomunikasi, Sabtu (26/9) siang mengatakan, ke empat tambahan terkonfirmasi positif itu berasal dari klaster perkantoran sebelumnya.

Dengan demikian, lanjut dia, upaya tracking untuk memutus rantai penukaran kembali dilakukan, namun tidak sesulit dan sebesar pelaksanaan dihari sebelumnya karena dugaan yang terpapar untuk dilakukan swab tes PCR sudah dapat terdeteksi secara dini. Meski demikian, upaya lain sesuai protap penanganan COVID-19 tetap dilakukan.

"Kita terus menekan angka penularan melalui upaya tracking disamping mengisolasi warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 di BDTBT, tapi kami juga berharap kerjasamanya dengan masyarakat untuk selalu patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan." Harap Adri Yusman.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk, Yasril, saat dihubungi terkait pasien bocah 2 tahun terpapar virus dari kakeknya yang dinyatakan positif COVID-19 mengatakan, kondisi sang bocah dalam pemulihan dan tidak mengkuatirkan, serta sedang isolasi mandiri dirumah ditangani kedua orang tuanya yang juga tenaga medis.

Menurut Yasril, Jumat kemarin (25/9), pihaknya kembali melakukan pengambilan spesimen swab terhadap 52 orang di Pusat Karantina BDTBT terhadap warga kontak erat hasil tracing kasus terkonfirmasi positif yang 16 orang.

Berdasarkan laporan harian Anggota Posko COVID-19 Sri Waresky Ismal, Ana Mulyana Cahya, dan Susilo Aji, terdapat 4 orang terkonfirmasi positif COVID-19, dan 1 orang sembuh atau keluar suspec.

Sementara angka kumulatif warga yang datang dari daerah terdampak PPT sebanyak 3.684 orang, 5 orang suspec, dan total positif 105 orang, 2 orang di isolasi penyembuhan di RS Ahmad Mukhtar, 2 orang isolasi penyembuhan di RS M.Jamil Padang. Sedangkan yang menghuni pusat karantina saat ini sebanyak 24 orang, total pasien sembuh sebanyak 72 orang dan meninggal 1 orang. (Iyos)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru