Menteri Ketenagakerjaan dan Gubernur Sumatera Barat Beri Arahan Kepada Wisudawan UNP Ke-120

PENDIDIKAN-180 hit

Padang - Di berbagai perguruan tinggi termasuk di Universitas Negeri Padang, beberapa bulan terakhir, perkuliahan yang lazimnya berada di ruang-ruang terpaksa dilaksanakan secara daring. Demikian juga, kegiatan wisuda di Universitas Negeri Padang yang semestinya dan lazimnya dilaksanakan secara luring atau muka dan pada saat ini terpaksa dilaksanakan secara virtual.

Demikian disampaikan oleh Dr. Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si., Menteri Ketenagakerjaan kepada para wisudawan Universitas Negeri Padang pada kegiatan wisuda Universitas Negeri Padang yang dilaksanakan selama dua hari pada Jumat dan Sabtu (25-26) hari ini secara virtual.

"Pada masa kini terdapat 130 juta angkatan kerja, pekerja informal masih jauh lebih besar dari pekerja di sektor formal. Demikian juga pada saat ini terdapat 2,15 juta pekerja yang terdampak akibat pandemi Covid-19 " jelas Dr. Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si., Menteri Ketenagakerjaan.

Lebih lanjut Dr. Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si., Menteri Ketenagakerjaan menyampaikan bahwa pada masa kini telah terjadi transformasi dunia digital yang mengubah transformasi dalam dunia kerja atau dunia industri. Menurutnya, pada masa kini sebagai akibat pandemi Covid-19, telah mengubah dunia kerja yang mengandalkan teknologi dan lulusan harus adaptif dan inovatif sehingga dapat meraih peluang dalam dunia kerja atau industri yang mengandalkan teknologi informasi pada masa kini dan terus berkembang pada masa datang.

"Hal yang sangat penting diketahui adalah bahwa pendidikan vokasi harus adaptif dan inovatif terhadap transformasi dunia kerja. Pendidikan vokasi akan menjadi ujung tombak dalam pengembangan dunia kerja pada masa datang. Para lulusan jangan hanya berkhidmat untuk menjadi pekerja tetapi berkhidmatlah untuk menjadi wirausahawan di Indonesia," jelas Dr. Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si., Menteri Ketenagakerjaan.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. Irwan Prayitno, S.Psi, M.Sc., juga menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan menyampaikan terima kasih kepada Universitas Negeri Padang yang telah berkontribusi baik dalam pengembangan pendidikan maupun pengembangan pemerintahan di Sumatera Barat secara khusus dan di Indonesia secara umum.

"Wisuda yang diselenggarakan Universitas Negeri Padang secara virtual ini sangat diapresiasi oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat apalagi yang terpapar Covid-19 setiap hari terus meningkat baik di Sumatera Barat maupun di Indonesia. Dengan penyelenggaraan wisuda secara virtual ini kita berharap bisa terhindar dari pandemi Covid-19," jelas Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. Irwan Prayitno, S.Psi, M.Sc.

Gubernur Provinsi Sumatera Barat mengharapkan para wisudawan menjadi lulusan yang kreatif dan mandiri karena wisudawan sudah dipersiapkan sebagai lulusan yang berkualitas oleh Universitas Negeri Padang sehingga perlu mengembangkan diri di dalam dunia kerja pada masa kini. (Hms-Sumbar/ET/BM)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru