Kades Silungkang Duo Berharap Pemko Sawahlunto Perlebar Jalan Talangtuluih

PEMERINTAHAN-506 hit

SAWAHLUNTO - Walikota Sawahlunto Deri Asta, maerespon aspirasi masyarakat Dusun Talangtuluih, Desa Silungkang Duo, Kecamatan Silungkang, untuk membantu rencana pelebaran jalan dari gerbang masuk simpang jalan ke Desa Pasar Kubang menuju Dusun Talangtuluih.

Namun, kata Deri Asta, untuk merealisasikan rencana tersebut perlu kajian dan perhitungan matang terkait lokasi yang akan terkena pelebaran jalan. Apakah masyarakat pemilik lahan bersedia membebaskan lahannya atau tidak, jika bersedia harus jelas clear and clean dengan memberikan persetujuan tertulis dan resmi agar dibelakang hari tidak bermasalah.

Jika masalah itu bisa diselesaikan dengan pertimbangan bijak masyarakat pemilik lahan, maka Pemko siap membantu mengerahkan alat berat kelokasi itu untuk memperlebar jalan. Namun perlu dipahami, lanjut Deri Asta, Pemko hanya menyediakan alat berat berikut operator, sedangkan pihak Pemerintahan Desa cukup menyediakan bahan bakar yang bisa dianggarkan dari dana desa.

"Pemerintah pasti mendukung rencana yang disampaikan Kades Silungkang Duo tentang pelebaran jalan dari simpang arah Pasar Kubang menuju Dusun Talangtuluih, tapi coba rembukan dulu dengan pemilik lahan yang terkena pelebaran, apakah mereka mau menyerahkan lahannya untuk pelebaran atau tidak, hal ini harus clear dan clean dulu." kata Deri, saat acara goro pembukaan jalan baru sentra pertanian, di Puncak Bukit Talangtuluih, Kamis (24/9/2020).

Deri menguraikan tentang pembicaraannya dengan Kades Silungkang Duo Wandi soal pelebaran dan pengaspalan jalan Dusun Talangtuluih, jika semua pemilik lahan bersedia memberikan lahannya jalan dimungkinkan untuk pelebaran, tapi kalau untuk pengaspalan sangat menyulitkan alat-alat berat bisa masuk ke Talangtuluih, apalagi aspal sudah kalah dengan beton yang lebih mahal biayanya, sebaiknya gunakan beton, rencana ini bisa dimasukan dalam RABDes 2021.

Lainnya, rencana pembangunan Kantor Desa Silungkang Duo juga mendapat perhatian Wako Deri Asta. Karena tanah hibah lokasi pembangunan sudah ada, Kades Wandi memohon ke Pemerintah segera membangun kantor tersebut. Deri menuturkan jika kondisi memungkinkan ditengah persoalan COVID-19 saat ini, Wako melalui Dinas PUPR akan merencanakan semua itu masuk dalam RAPBD 2021.(iyos)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru