Tiga Pasang Calon Wako-Wawako Bukittinggi Telah Ditetapkan Nomor Urutnya Oleh KPU

POLITIK-1355 hit

Penulis: Yus | Editor: Medio Agusta

BUKITTINGGI - Tiga pasang calon Wako - Wawako Bukittiggi telah di tetapkan nomor urutnya oleh KPU Bukittinggi melalui rapat pleno tahapan penetapan nomor urut paslon.

di Auditorium Pustaka Bung Hatta, Kamis (24/09).

Pelaksanaan rapat penetapan nomor urut melalui pengundian itu, dilakukan dengan Protokol kesehatan, sehingga pelaksanaan tahapan ini, tidak ada kerumunan masa.

Baca Juga


Kondisi di lapangan, terlihat sejumlah personil TNI Polri melakukan penjagaan ketat di setiap pintu masuk menuju kawasan Balaikota dan Auditorium Pustaka Bung Hatta.

Undangan yang masuk pun dibatasi sehingga tidak banyak yang bisa masuk ke lokasi pengundian nomor urut.

Ketua KPU Bukittinggi, Heldo Aura, menjelaskan, pengundian nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, dilaksanakan sesuai peraturan KPU nomor 5 tahun 2020, bahwa tanggal 24 September 2020 dilaksanakan tahapan pengundian nomor urut calon kepala daerah. Pelaksanaan tahapan ini pun memang sangat memperhatikan protokol kesehatan.

"Sesuai arahan pusat, pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 ini, memang harus melaksanakan protokol covid-19. Sehingga tidak ada kerumunan, khususnya dalam pengambilan nomor urut ini," jelasnya.

Dikatakannya, setelah melalui proses pencabutan nomor, ternyata pasangan calon wako-wawako, Ramlan Nurmatias- Syahrizal mendapatkan nomor urut 1, pasangan calon wako- wawako Erman Safar- Marfendi mendapatkan nomor urut 2, dan pasangan calon wako- wawako Irwandi- David Chalik mendapat nomor urut 3.

"Untuk itu, dipersilahkan kepada masing masing pasangan calon untuk menggunakan nomor urut itu dalam berkampanye dengan tetap mematuhi protokol covid-19, mulai tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020," jelasnya.

Ramlan-Syahrizal :

Nomor Urut 1, Juara Itu Nomor Satu

Calon Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, didampingi calon wakil wali kota, Syahrizal, mengucapkan terima kasih kepada KPU atas tahapan pencabutan nomor urut yang dilaksanakan secara aman dan tertib. Meskipun melakukan pencabutan paling terakhir, namun paslon Ramlan-Syahrizal mendapat nomor satu.

"Alhamdulillah, yang lahir menunjukkan yang batin. Juara itu nomor satu. Angka ini menunjukkan sebuah langkah awal kita bekerja. Mari kita lakukan pencerdasan politik pada masyarakat, sehingga masyarakat dapat memahami ketiga pasangan calon yang ada saat ini," ungkap Ramlan Nurmatias.

Sementara Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dan Marfendi,yang mendapat nomor urut 2 , mengatakan, sesuai dengan sejarah tahun 2019 lalu. Bahwa sumbar pernah memperjuangkan 80 persen kemenangan untuk paangan pilpres nomor urut dua.

"Tentu simbol dua ini sangat membekas bagi masyarakat. Harapan kita pejuang di 2019 hadir kembali dan kita menangkan dan kita ramaikan pada pilkada 2020 ini. Salam dua jari, pilih Erman dan Marfendi," ujarnya.

Irwandi-David : Tigo Tungku Sajarangan

Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Irwandi SH dan David Chalik, mendapat nomor urut 3 pada pilkada 2020.

Menurut Calon Wali Kota Bukittinggi, Irwandi, didampingi calon wakil wali kota, David Chalik, mengatakan, nomor urut itu sebenarnya sama. Namun untuk nomor tiga, disinergikan dengan falsafah Minangkabau, Tigo Tingko Sajarangan.

"Bagi kami nomor tiga itu, punya makna tigo tungku sajarangan, tali tigo sapilin. Artinya, komponen masyarakat ada pada kami. Kita akan bergerak bersama. Kami bersama tim akan maksimalkan simpul ini. InsyaAllah kami maju untuk menang," ujar Irwandi.(Yus)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru