Banjir Bandang Landa Siguntur Mudo Pessel, Jalan Padang-Bengkulu Putus Total

PERISTIWA-4238 hit

PAINAN - Hujan deras yang mengguyur kawasan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumbar, menyebabkan terjadinya banjir bandang di wilayah Siguntung Mudo, Kecamatan Koo XI Tarusan. Akibatnya, luapan banjir menutupi ruas jalan negara lintas Padang-Bengkulu putus total hingga Rabu (23/9/2020) sore.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel, Hasnul Karim mengatakan, selain di Siguntur Mudo, banjir juga terjadi di Kampung Jalamu, Batang Kapas. Di lokasi ini banjir disertai lumpur juga menutup badan jalan.

"Ada dua titik lokasi banjir di lintas selatan, Siguntur Mudo dan Batang Kapas. Saat ini jalan ke arah selatan tutup sementara," kata Hasnul sebagaimana dilansir Padangkita.com, Rabu (23/9/2020).

Ditambahkan Hasnul, untuk banjir yang terjadi di Kampung Jalamu, Kecamatan Batang Kapas terjadi karena meluapnya Batang Jalamu akibat intensitas hujan yang tinggi mengguyur kawasan tersebut.

Akbibat banjir bandang, puluhan rumah warga terendam banjir dengan ketinggian yang bervariasi, mulai dari ketinggian semata kaki hingga sepaha orang dewasa. Selain itu, puluhan hektare persawahan dan kebun warga juga ikut terendam banjir.

Saat ini, tim BPBD Pessel sudah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak serta melakukan pendataan.

"Kita utamakan keselamatan warga terlebih dahulu, kita evakuasi ke tempat aman baru kita lakukan pendataan," kata dia. (MR)

Sumber: padangkita.com

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru