BREAKING NEWS: Hujan Deras Guyur Padang, Lima Kecamatan Terendam Banjir

PERISTIWA-1121 hit

PADANG - Hujan deras yang mengguyur Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) sejak Rabu (23/9/2020) siang hingga sore membuat sejumlah wilayah tergenang banjir. Sejumlah titik yang terendam air, merupakan wilayah langganan banjir.

Dilansir dari langgam.id, Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, menyebutkan, banjir terparah berada di kawasan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Kemudian Komplek Jondul Rawang, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang, Barlius, Rabu (23/9/2020) mengungkapkan, timnya telah dikirim ke lokasi yang menjadi langganan tempat terjadinya banjir untuk membantu masyarakat yang terkena dampak. Selain itu, mengerahkan anggota ke lokasi terjadi langsor.

"Kami akan bekerjasama dengan instansi terkait seperti Basarnas untuk penanggulangan nantinya," ujar

Tak hanya itu, BPBD menyebutkan, kalau hujan intensitasnya tinggi, biasa langsor terjadi dikawasan Bukit Lampu, Mata Air dan jalan baru pantai air manis hingga batas Padang dengan Pesisir Selatan.

Bahkan di Kelok Jariang Bungus Teluk Kabung Padang, longsor kembali terjadi dan material tanah bercampur air keruh dibawa aliran air di jalanan dan sangat membahayakan sekali bagi pengendara.

Berikut titik banjir di Kota Padang Rabu (23/9) sore:

1. Pasar Baru, Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh ketinggian air kurang lebih 30 cm.

2. Komplek Jondul Rawang, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, ketinggian air kurang lebih 70 cm.

3. Koto Teluk Kabung, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, ketinggian air kurang lebih 50 cm.

4. Jalam Raya Kuranji -- Belimbing dekat MTSN 5, ketinggian air kurang lebih 50 cm.

5. Kawasan Sungai Pisang ketinggian air kurang lebih 50 cm

6. Villa Bukit Gading ketinggian air kurang lebih 50 cm.

Lima Kecamatan Dilanda Banjir

Sementara itu, dilansir dari kompas.com, banjir menggenangi rumah warga dan mengganggu jalur transportasi dengan genangan air berkisar 50-70 centimeter. Tercatat ada lima kecamatan yang mengalami banjir yaitu Pauh, Bungus Teluk Kabung, Nanggalo, Kuranji, Koto Tangah dan Padang Selatan.

Di Pasar Baru, Pauh diperkirakan genangan air mencapai 30 centimeter, Jondul Rawang, Padang Selatan mencapai 70 cm, Teluk Kabung 50 cm, Jalan Raya Kuranji 50 cm, Sungai Pisang 50 cm dan Villa Gading 50 cm.

"Akibat hujan deras sejak siang hari hingga sore, ada sejumlah titik di Padang yang mengalami banjir," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang, Sutan Hendra.

Sutan mengatakan genangan air menyebabkan sejumlah rumah warga terendam air dan akses transportasi menjadi terganggu.

Diperkirakan ada sekitar 500 rumah warga yang terendam dan sekitar 20 kepala kepala keluarga terpaksa dievakuasi. Hingga saat ini pukul 17.00 WIB, hujan masih mengguyur di Kota Padang dan warga diminta untuk waspada.

"Saat ini, kita masih siaga untuk menjaga kemungkinan yang ada dengan stand by petugas dan peralatan seperti perahu karet," kata Sutan. MR

Sumber: langgam.id dan kompas.com

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru