Grup Randai Puti Elok Berhasil Juara 1 Festival Randai Se Sumatera Barat

HIBURAN-1494 hit

Penulis: Med | Editor: Medio Agusta

PAYAKUMBUH - Grup Randai asal Kota Payakumbuh berhasil menjadi pemuncak dalam Festival Randai se Sumatera Barat yang diselenggarakan oleh UPTD Taman Budaya Sumatera Barat, di Kota Padang, 17 hingga 19 Sep 2020.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh Doni Saputra, Kasi Pembinaan Seni Budaya Yolanda Apripeli beserta staf, mengantarkan serta menyaksikan Grup Randai itu untuk bertanding ke Ibukota Provinsi Sumbar.

Grup Randai bernama Puti Elok asal Payakumbuh menampilkan cerita tentang Siti Rasanah, di bawah pimpinan Jhon Anadri Dt. Lelo Sati. Kegiatan festival tersebut diikuti oleh utusan randai yang ada di Sumatera Barat.

Melalui surat keputusan dewan pengamat festival randai dengan nomor istimewa/FRSB/TBSB/IX-2020. Tiga juri yaitu Admiral, Rizal Tanjung, dan Saparman. Hasil lomba tersebut keluarlah 5 pemuncak yang berasal dari Kota Payakumbuh, Kabupeten Limapuluh Kota, Sawahlunto, Padang Panjang, dan Kota Solok.

Plt. Kadisparpora Andiko Jumarel didampingi Kabid Kebudayaan Doni Saputra menyebut grup randai Puti Elok berada dibawah binaan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh.

"Alhamdulillah, prestasi ini sangat kita syukuri, ini membuktikan kalau usaha kita selama ini membuahkan hasil yang baik, kedepan akan ada pembinaan bagi grup-grup randai lainnya di Kota Payakumbuh, budaya kita tentu harus kita jaga agar dapat terus lestari," ungkap Andiko Jumarel.

Mewakili Wali Kota Riza Falepi, Andiko turut menyampaikan ucapan selamat kepada Grup Randai Puti Elok pimpinan Dt. Lelo Sati memperoleh Juara Penampilan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

"Besar harapan kami agar Grup Randai Puti Elok dengan cerita "Siti Rasanah" makin bersemangat menampilkan karya-karya terbaik dimasa yang akan datang. Dari sekian banyak prestasi selama ini pertanda baik anak nagari Kota Payakumbuh selalu aktif menggarap seni tradisi," pungkasnya. (Med)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru