Hari Ini Webinar Nasional Seri-1 Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

PENDIDIKAN-219 hit

Padang-Hari ini, Sabtu (29/9) Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang menyelenggarakan Webinar Seri 1 dari 8 rangkaian Webinar menyambut HATEKNAS 2020 dengan pemilihan topik Bisnis Geospasial Indonesia. Webinar Nasional ini dilaksanakan secara virtual.

Kegiatan Webinar Nasional ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Afriva Khaidir, S.H., M.Hum, MAPA, Ph.D.

"Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang sangat mendukung kegiatan Webinar ini karena akan meningkatkan kemampuan mahasiswa dan lulusan untuk berwirausaha. Semua ini tentu bermuara kepada penurunan angka pengangguran di Indonesia," jelas Wakil Dekan I, Afriva Khaidir, S.H., M.Hum, MAPA, Ph.D.

Di dalam sambutannya ketika membuka Webinar tersebut, Wakil Dekan I, Afriva Khaidir, S.H., M.Hum, MAPA, Ph.D. menjelaskan bahwa webinar ini dalam rangkaian hibah program merdeka belajar tahun 2020 yang diperoleh okeh dua prodi yakni Prodi Pendidikan Geografi dan Geografi dan merupakan hibah yang akan terlaksana baik jika kerjasama dengan mitra seperti perusahaan.

Pada kesempatan itu, Ketua Jurusan, Geografi Dr. Arie Yulfa, S.T., M.Sc. menyampaikan bahwa kegiatan webinar ini merupakan 1 dari 8 seri webinar di Jurusan Geografi dalam menyambut HATEKNAS 2020. Menurutnya, pemilihan topik Bisnis Geospasial Indonesia dimaksudkan untuk mendekatkan dan memantik ide bagi mahasiswa dan alumni Jurusan Geografi dalam melihat potensi keilmuan yang sudah diperoleh di bangku kuliah sehingga bisa berkiprah di masyarakat.

"Jumlah peserta yang terdaftar adalah sebanyak 445 orang. Aplikasi zoom menjadi media yang digunakan untuk proses webinar dan juga live streamimg melalui Youtube," jelas Ketua Jurusan, Geografi Dr. Arie Yulfa, S.T., M.Sc.

Ketua Jurusan Geografi Dr. Arie Yulfa, S.T., M.Sc. menjelaskan bahwa Founder dan CEO Geo Hub, Muslim Syamsuis Darwis, S.T., M.Sc. bersedia menjadi pembicara pada webinar ini. PT.GeoHub Indonesia (https://geohub.co.id/) berkantor di Jakarta dan workshop di Yogyakarta.

"Perusahaan ini menjadi pilihan karena perusahaan ini salah satu perusahaan yang bergerak di bidang geospasial dan cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi geospasial. Layanan yang diberikan spektrumnya tidak sebatas pemetaan konvensional seperti foto udara dan peta situasi, tetapi pemetaan seperti street view Google dengan satuan metrik sehingga dapat dipakai untuk pemeliharaan aset dan lain sebagainya. Lidar dan isu Big data juga merupakan isu penting sebagai bentuk layanan lainnya dari perusahaan ini," jelas Ketua Jurusan Geografi Dr. Arie Yulfa, S.T., M.Sc.

Menurut Kajur Geografi, webinar ini diharapkan merangkum informasi perkembangan teknologi geospasial dan menjadi bahan refleksi kurikulum Prodi di lingkungan Jurusan Geografi seperti Prodi Pendidikan Geografi, Prodi Geografi, dan Prodi D3 Teknologi Penginderaan Jauh.

"Kegiatan ini juga membuka peluang kerjasama dengan industri Geospasial untuk kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dimana salah satunya seperti program Merdeka Belajar," jelas Ketua Jurusan Geografi Dr. Arie Yulfa, S.T., M.Sc. (ET)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru