Disnakertrans Sumbar Berikan Pembinaan Ekonomi dan Sosbud Transmigran Padang Tarok

EKONOMI-154 hit

SIJUNJUNG - Pembinaan usaha ekonomi dan sosial budaya di lokasi transmigrasi Padang Tarok SP.1 Kabupaten Sijunjung TA 2020, kembali digelar Dinas Nakertrans Provinsi Sumbar selama dua hari dari tanggal 9 s/d 10 September 2020. Kegiatan yang dipusatkan di Balai Desa Padang Tarok SP.1 ini dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Kepala Disnakertrans Sumbar Nazrizal diwakili Kabid Transmigrasi Rini Yuliet, SP yang membuka kegiatan ini, Rabu (9/9/2020), meminta kepada peserta memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk menerima ilmu dalam rangka perbaikan ekonomi keluarga.

Disampaikan Rini Yuliet, usai pelatihan ini, diminta kepada warga transmigran membersihkan dan menyiapkan lahan usaha yang akan ditanami sawit dan kakao. Tak hanya bibit sawit dan kakao, petani juga akan diberikan semprotan T+3 yang akan digunakan untuk merawat tanaman yang akan akan ditanam.

Tampak hadir dalam kesempatan ini, Kabid Transmigrasi Disnakertrans Kab Sijunjung, Djoko Ismarttanto, SE, MM. Sedangkan untuk tim pembina/pembicara, juga menghadirkan Tim pembina dari Dinas Provinsi dan lintas sektor Kab Sijunjung, seperti dari Disnakertrans Sumbar, Dinas Kehutanan/Fungsional Penyuluh Kehutanan KPH Kab Sijunjung, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kab Sijunjung, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sijunjung dan Kemenag Sijunjung.

Kegiatan yg berlangsung selama 2 hari ini ( 09 s/d 10 Sept 2020), diikuti peserta warga Transmigran, perwakilan dari warga transmigran yg ditempatkn tahun 2016 dan 2018, juga petugas lapangan (lintas sektoral) yg wilayah kerjanya termasuk lokasi Pdg Tarok SP.1, seperti Ka. UPT dan Staf UPT Pdg Tarok SP 1, Wali Nagari Pdg Tarok, Pendamping SP, Kepala sekolah dan guru SD Negeri Pdg Tarok SP.1, Dokter Puskesmas Aia Amo, Paramedis Pustu Pdg Tarok SP.1, PPL (Penyuluh Pertanian Wilayah), Penyuluh Agama Kec. Kamang Baru, PLKB Kecamatan Kamang Baru, dan Da'i Padang Tarok SP.1.

Pemina dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan beserta PPL pada intinya memberikan penjelasan dan materi mengenai budidaya tanaman sawit dan kakao secara ringkas dan jelas.

"Sehingga bisa dipedomani warga dalam menanam dan merawat tanaman sawit dan kakao tersebut. Yang menerima bantuan bibit sawit dan kakao tsb adalah warga yang ditempatkan tahun 2018 yang berjumlah 191 KK," kata Rini. Hms-Sumbar/BM

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru