Basarnas Pilih Kota Padang Panjang Sebagai Lokasi Pelatihan SAR Daerah

PEMERINTAHAN-96 hit

PADANG PANJANG - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Padang wilayah kerja Provinsi Sumatera Barat bakal menggelar pelatihan SAR Daerah di Kota Padang Panjang pada bulan Oktober mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Basarnas Padang, Asnedi,S.Sos.,M.Si saat ditemui di Padang Panjang, Jum'at (19/09).

"Pelatihan SAR daerah ini dilaksanakan setiap tahun dan untuk tahun ini kita memilih Kota Padang Panjang sebagai tempat pelaksanaanya. Insya allah kegiatan ini akan kita gelar pada tanggal 6 dan 7 Oktober mendatang, "katanya.

Beliau menjelaskan dipilihnya Kota Padang Panjang sebagai tempat pelatihan SAR daerah tahun ini yaitu dilihat dari kondisi geografisnya sendiri dimana seperti kita ketahui kota Padang Panjang ini jalannya berbelok-belok, kemudian jurangnya cukup dalam dan sering terjadi kecelakaan kendaraan yang masuk jurang.

"Untuk itu makanya kami memilih untuk bagaimana penanganan khusus ini apabila terjadi kecelakaan tersebut di Kota Padang Panjang, "ungkapnya.

Adapun materi atau jenis pelatihan yang akan diberikan nanti kata Asnedi diantaranya yaitu simulasi kecelakaan penanganan khusus.

"Untuk latihan kering sebelum hari H tanggal 7 nya itu akan dilaksanakan pemberian materi terlebih dahulu di Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Padang Panjang. Kemudian pada tanggal 7 nya akan dilaksanakan di Jembatan Kembar jadi nanti di sana akan diuji respon time untuk melakukan penangan kecelakaan khusus ini. Contohnya kalau ada mobil atau motor yang masuk jurang akan kita simulasikan penanganannya disini, "jelasnya.

Untuk mendukung kesuksesan kegiatan pelatihan tersebut pihaknya juga akan melibatkan 21 Instansi yang ada di Kota Padang Panjang diantaranya yaitu dari Polres Padang Panjang dan instansi terkait lainnya.

"Alhamdulillah sampai sore hari ini untuk dukungan atau hasil koordinasi sudah 80% sampai 90% tinggal pelaksanaan dan secara administrasi nanti sebelum hari H, "ungkapnya.

Semenatar itu, Kabid Pemadam Kebakaran dan Perlindungan Masyarakat, Jon Eriko, S.Sos mengaku pihaknya juga sudah siap sedia dengan adanya kegiatan ini, dan bahkan ia mengaku juga telah mengirimkan anggotanya untuk mengikuti kegiatan pelatihan di Basarnas Padang selama tiga hari.

"Jadi kami sudah sangat siap untuk mengikuti kegiatan ini, "katanya.

Kesiapan Kota Padang Panjang

Menindaklanjuti kegiatan yang akan dilaksankan Basarnas Kota Padang untuk menjadikan Padang Panjang sebagai tempat pelatihan khusus penanganan bencana akan segera dilakukan.

Hal tersebut disampaikan saat pertemuan Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dan Wakil Walikota Drs. Asrul bersama Kepala Kantor Basarnas Asnedi di ruang VIP Balaikota, Jum'at (18/9).

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Perhubungan I Putu Venda, S.STP, M.Si, Kepala BPBD Kesbangpol diwakili Sekretaris Ir. Zulheri, MM, Kepala Satpol PP Damkar yang diwakili Kabid Pemadam Kebakaran Jhon Eriko, S.Sos dan undangan lainnya.

Wako Fadly dalam hal tersebut mengatakan siap dengan pelatihan yang akan dilaksanakan pada 6 Oktober mendatang.

"Dan tentunya kita pasti akan tetap taat dan patuh dengan protokol kesehatan, karena saat ini kita melaksanakan pelatihan di tengah masa pandemi," jelas Wako Fadly.

Ditambahkan Wakil Walikota Asrul bahwa pelatihan ini sangat dibutuhkan sekali mengingat daerah perlintasan Padang Panjang merupakan akses perlintasan yang rawan akan terjadinya kebencanaan dan kecelakaan.

Disebutkan Kepala Basarnas Padang Asnedi mengucapkan terimakasih atas kesiapan dari Padang Panjang untuk melaksanakan pelatihan dan tentunya kita akan mempersiapkan segala halnya. Dan nantinya peserta akan mendapatkan piagam. (RelKom/cici/Ki/Lex)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru