Kemenag Solsel Buat Sertifikat Kepemilikan Lahan dan Bangunan Kantor

PEMERINTAHAN-200 hit

PADANG ARO - Lahan bangunan Kantor Kementerian Agama Solok Selatan dilakukan pengukuran untuk penerbitan sertifikat kepemilikan lahan atas nama Pemerintah Daerah pihak BPN setempat.

Kegiatan pengukuran untuk menerbitan sertifikat kepemilikan ini menjadi penting dan wajib dilakukan, agar kedepan Pemerintah akan bisa memberikan bantuan pembangunan atau rehap dan sejenisnya untuk kantor Kementerian Agama Solsel, menurut Kakan Kemenag Solsel, H. Syamsuir didampingi Kasubag Tatat Usaha Kementerian Agama Solsel, Fitriyoni, Jumat (18/9/2020).

H. Syamsuir menjelaskan saat ini semua lahan dan bangunan kantor Kemenag dan jajaran dibawahnya wajib untuk di sertifikatkan dengan diatasnamakan milik pemerintah Indonesia cq Kemenag, bukan atas nama milik Kemenag Kab Solsel.

" Kalau masih ada sertifikat yang atas nama kantor Kemenag agar bisa dirubah, termasuk juga KUA dan Madrasah,'' pintanya saat mendampingi tim pengukuran dari BPN Solsel, Jumat (18/9/2020)

Selanjutnya Kasubag TU Kemenag Solsel, Fitriyoni menjelaskan bahwa lahan milik Kementerian Agama Solsel yang di ukur saat ini sedikitnya 1 hektare.

Pengukuran kali ini untuk penerbitan sertifikat yang merupakan sebuah kewajiban kantor Pemerintah di sertifikatkan dan harus di catat dalam Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN).

Artinya, kantor dan lahan Pemerintah harus di sertifikatkan dan tercatat dalam SIMAK BMN. Sehingga untuk mendapatkan dana rehap bangunan atau perluasan bangunan harus tanah yang bersertifikat.

Menurut Fitriyoni, Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN) sebagai sub sistem dari Sistem Akuntansi Instansi selain Sistem Akuntansi Keuangan disajikan untuk meningkatkan pemahaman serta kontrol yang sistematis bagi mereka yang pernah atau yang memang berada dalam lingkup tugas dan tanggungjawabnya sebagai bagian dari satuan kerja pada bagian atau seksi perlengkapan/ rumah tangga atau yang semacamnya. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru